Jakarta (ANTARA News) - Amerika pada 2016 tergeser Cina dari posisi negara yang meraih pendapatan terbesar dari iOS App Store.

Amerika Serikat juga kalah dari India yang menduduki negara paling banyak mengunduh di Google Play dengan 6 miliar unduhan. Total jumlah unduhan mencapai 90 miliar di iOS dan Google Play. 

Hal tersebut  diungkap dalam laporan  perusahaan intelijen bisnis dan data aplikasi mobile, App Annie Januari 2017.

App Annie dalam Restrospective Report tahunan keempatnya memuat analisa komprehensif dari tren pasar aplikasi mobile selama tahun 2016. 

Retrospective Report melaporkan negara maju mengalami pertumbuhan yang sangat kuat dan pasar di negara berkembang justru mendapatkan keuntungan yang lebih mengesankan, misalnya India, Indonesia, Meksiko, dan Brazil.

Rata-rata pengguna iPhone menggunakan 30 aplikasi setiap bulan, seperti di Cina, India, Korea Selatan, Jepang, Brasil, Amerika Serikat dan Inggris.

Soal games, yang tetap mendominasi sebagian besar pendapatan dari toko aplikasi adalah Pokemon Go. Games ini masih berada di lima aplikasi teratas untuk pendapatan tertinggi di seluruh dunia pada minggu terakhir 2016.

Video streaming juga memberikan pendapatan yang bagus sebagai konten premium, misalnya aplikasi streaming olahraga dan siaran langsung, baik pengguna hanya sebagai penonton maupun ikut berpartisipasi.

Publishers meraup 35 milyar dollar berdasarkan pendapatan yang diraih dari iOSd an Google Play. Jika menyertakan hitungan bisnis iklan di dalam aplikasi, pendapatan dari toko aplikasi resmi dan tidak resmi di tahun 2016 untuk publisher telah meraih keuntungan sebesar 89 milyar dollar.

Peningkatan jumlah unduh meningkat 15 persen dari 2015 ke 2016 melalui iOS dan Google Play, waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi meningkat 25 persen serta toko aplikasi lebih banyak memberikan keuntungan kepada publisher dari Google Play dan iOS App Store sebesar 25 persen.

Waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi mencapai hampir 900 miliar jam di tahun 2016. ( untuk waktu total dengan ponsel Android , terkecuali Cina)

Aplikasi mobile untuk video streaming mengalami pertumbuhan yang besar di Asia. Pendapatan Cina pada iOS App Store telah meningkat 4xlipat selama 12 bulan. 

Asia Tenggara tumbuh lebih dari 9x lipat dengan Indonesia dan Thailand yang mendorong pertumbuhan pendapatan di iOS dan Google Play. (Berdasarkan APAC Video Streaming Report 2016App Annie)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017