Asosiasi Industri Kamar Kecil Jepang telah menetapkan delapan simbol standar...
Jakarta (ANTARA News) - Jika Anda sudah pernah ke Jepang, Anda pasti tahu toilet-toilet di sana adalah salah satu yang paling canggih di dunia. 

Saking canggihnya, fitur-fitur yang tersemat membuat turis kebingungan hingga akhirnya diputuskan untuk membuat instruksi pemakaian toilet di Jepang.

Asosiasi Industri Kamar Kecil Jepang telah menetapkan delapan simbol standar yang harus diterapkan produsen untuk menjelaskan berbagai fungsi toilet pada pengguna.

Inisiatif ini dibuat setelah survei 2014 menyatakan bahwa 25 persen wisatawan tidak mengerti cara mengoperasikan fitur di toilet Jepang. Menjelang olimpiade 2020, Negeri Sakura itu ingin memudahkan para turis yang akan datang ke ibukota. 

Simbol-simbol standar mewakili fitur siram banyak, siram sedikit, buka/tutup penutup toilet, buka/tutup dudukan toilet, berhenti, pembersih bagian belakang, pembersih bidet dan pengering.

Sembilan perusahaan dalam asosiai itu berjanji akan menggunakan simbol yang sama untuk tombol fitur toilet mulai April mendatang. Mereka juga bertekad mengadopsi standar internasional.

"Kami ingin menyambut turis asing dengan toilet bersih dan menyebarkannya pada dunia," kata Madoka Kitamura, kepala grup industri itu seperti dilansir Lonely Planet.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017