Di bawah kepemimpinan Anda, semoga Amerika akan terus dinilai di atas semuanya dari kepedulian terhadap orang miskin, yang terpinggirkan dan mereka yang membutuhkan...,"
Vatican City (ANTARA News) - Paus Fransiskus mendesak Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk memimpin dengan nilai-nilai etika dan mengurus orang yang miskin dan terbuang selama dia memimpin.

"Pada saat keluarga kita dilanda krisis kemanusiaan berat yang menuntut reaksi politik yang satu dan pandangan yang jauh, saya berdoa agar keputusan Anda akan dipandu oleh nilai-nilai spiritual yang kaya dan etika yang telah membentuk sejarah rakyat Amerika dan komitmen bangsa Anda untuk kemajuan martabat manusia dan kebebasan di seluruh dunia," kata Fransiskus dalam pesan yang dikirim ke Trump sesaat setelah ia dilantik pada Jumat, lapor Reuters.

"Di bawah kepemimpinan Anda, semoga Amerika akan terus dinilai di atas semuanya dari kepedulian terhadap orang miskin, yang terpinggirkan dan mereka yang membutuhkan...," kata Fransiskus dalam pesan yang dirilis oleh Vatikan.

Fransiskus, paus pertama dari Amerika Latin, telah menyampaikan keprihatinan pada masyarakat miskin dan anggota terlemah dalam masyarakat sebagai kerangka kunci kepausannya yang hampir berusia empat tahun.

Tahun lalu, dalam menanggapi pandangan Trump pada imigrasi dan niatnya untuk membangun dinding di perbatasan dengan Meksiko, Fransiskus mengatakan seseorang dengan pandangan-pandangan itu "bukan umat Kristen".

Trump membalas dengan menyebut komentar Paus itu "memalukan."
(Uu.G003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017