Barcelona (ANTARA News) - Sergio Ramos menebus gol bunuh dirinya pekan lalu di markas Sevilla, dengan mencetak dua gol saat Real Madrid bangkit dari dua kekalahan beruntun dengan menang 2-1 atas Malaga pada Sabtu untuk unggul empat angka di puncak klasemen Liga Spanyol.

Kapten Real Madrid itu menanduk bola untuk membawa timnya memimpin pada menit ke-35 dengan menyambar bola tendangan sudut Toni Kroos dengan menaklukkan Carlos Kameni dan ia kembali mencetak gol pada menit ke-43 dengan menyambar bola tendangan bebas dari rekan setimnya asal Jerman itu dari jarak dekat untuk mencatatkan gol ketiganya dari empat pertandingan.

Ini merupakan respon sempurna dari pemain internasional Spanyol dalam enam hari setelah mencetak gol ke gawangnya sendiri saat melawan Sevilla dan secara tidak sengaja membantu bekas timnya itu menang 2-1 untuk menghentikan laju 40 pertandingan tanpa kekalahan milik pasukan Zinedine Zidane.

Ramos kini telah mencetak enam gol di liga musim ini, lebih baik daripada rekor sebelumnya yakni lima pertandingan dalam semusim di mana musim baru bergulir setengah musim.

Malaga terbukti menjadi lawan yang sulit dan kesalahan Raphael Varane membuat pemain internasional Juanpi mencetak gol balasan pada menit ke-63. Penyelamatan bagus dari Keylor Navas untuk mencegah Chory Castro dari menyamakan kedudukan beberapa menit kemudian.

Real memimpin klasemen dengan koleksi 43 angka, unggul empat angka atas Sevilla dan lima angka atas juara bertahan Barcelona, setelah memainkan 18 pertandingan. Barca akan mengunjungi markas Eibar pada Minggu, sedangkan Sevilla melawat ke Osasuna.

Real memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan atas dua rival terdekatnya itu.

"Hal terpenting adalah kami memenangi pertandingan dan membuat start bagus. Kami memiliki peluang-peluang namun hari-hari ini kami memerlukan empat peluang untuk mencetak satu gol. Ini sulit, karena lawan-lawan kami menekan dengan begitu keras. Kami lelah, namun gembira," kata pelatih Real Zidane kepada para pewarta.

Pemain asal Urugay Castro memiliki peluang yang mengenai tiang gawang untuk tim tamu dan memaksa penyelamatan lain dari Navas pada pertandingan babak pertama yang berlangsung menarik, di mana Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema menyia-nyiakan peluang-peluang bagus untuk Real dan bek kiri asal Brazil mereka Marcelo harus meninggalkan lapangan karena dugaan cedera otot paha belakang.



Enam pemain absen

Luka Modric juga harus meninggalkan lapangan pada babak kedua, membuat pasukan Zidane berpotensi kehilangan enam pemain untuk pertandingan leg kedua perempat final Piala Raja di Celta Vigo, ketika timnya perlu membalikkan defisit 1-2 untuk dapat melaju.

"Luka merasa tidak nyaman, masalah Marcelona lebih serius. Saya sedikit cemas dengan cedea-cedera itu, itu membuat saya dalam perasaan buruk, karena kami memiliki pertandingan yang sangat penting pada Rabu," tambah Zidane.

Rasa frustrasi Ronaldo bertambah setelah turun minum ketika upayanya mengenai tiang gawang dan dua kali digagalkan oleh Kameni, yang juga nyaris melakukan kesalahan memalukan ketika ia membiarkan operan ke belakang untuk melewati kaki-kakinya namun mampu menyelamatkan gawangnya sebelum bola melintasi garis gawang.

Valencia meneruskan kebangkitan mini mereka di bawah pelatih sementara mereka Salvador Gonzalo "Voro" dengan menang 2-0 di markas tim peringkat keenam Villarreal pada "derby" lokal untuk unggul tujuh angka atas zona degradasi.

Carlos Soler (20) mencetak gol perdananya untuk klub dengan menyambar operan dari mantan pemain sayap Manchester United Nani pada menit ke-35, dan penyerang Santi Mina merebut bola dari kiper Sergio Asenjo untuk dimasukkan menjadi gol kedua pada menit ke-42.

Voro adalah sosok ketiga yang melatih Valencia musim ini, menyusul pemecatan Pako Ayesteran dan pengunduran diri mantan pelatih timnas Italia Cesare Prandelli dan ia memiliki lebih banyak kemenangan daripada para pendahulunya musim ini, kemenangan pada derby ini menyusul kemenangan 2-1 atas Espanyol pekan lalu.

Voro juga memenangi dua pertandingan sebagai pelatih sementara menyusul pemecatan Ayesteran, dan akan bertahan di posisi itu sampai akhir musim. Valencia untuk sementara menghuni peringkat ke-15 di klasemen.

Espanyol menang 3-1 atas Granda untuk naik ke peringkat kesepuluh, sedangkan Leganes, yang menghuni posisi terbawah di zona degradasi, dua kali bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 2-2 di markas Alaves.

(H-RF/I015) 

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017