Jakarta (Antara) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengimbau masyarakat luas agar tetap waspada dan tidak mudah percaya dengan situs-situs tidak resmi yang menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) atas nama BRI.

“Akhir-akhir ini muncul situs-situs palsu yang memberikan informasi terkait KUR dan mengatasnamakan BRI, hal ini kami khawatirkan akan menjadi sarana untuk memperoleh keuntungan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujar Corporate Secretary BRI, Hari Siaga Amijarso,  di Jakarta Minggu (22/1).

BRI menyatakan bahwa hanya memiliki satu website korporat yang resmi, yakni www.bri.co.id. Apabila terdapat situs yang menggunakan kata BRI dan menawarkan kemudahan dalam pengajuan KUR, namun tidak melalui situs korporat, maka dapat dipastikan bahwa website tersebut adalah palsu.

“Situs palsu sangat merugikan BRI karena menggunakan kata ‘BRI’ secara ilegal.  Kami tidak ingin nasabah kami dirugikan karena ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab seperti ini," tambah Hari Siaga. 

Selain itu, masyarakat juga diminta tetap waspada agar tidak mudah memberikan informasi yang bersifat pribadi seperti nama, nomer rekening, PIN ataupun data-data pribadi terkait rekening pada situs-situs online. 

“Petugas BRI tidak pernah meminta data pribadi nasabah dalam bentuk apapun melalui telepon, sms atau secara online,” imbuh Hari Siaga.

Ia menambahkan, untuk pengajuan KUR saat ini dilayani oleh unit kerja BRI, yakni Teras BRI, Teras BRI Kapal, BRI Unit, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Cabang BRI. Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat harus semakin waspada karena banyak pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang mencoba mengelabui sistem untuk merugikan pihak bank dan nasabah.

“Kami tidak segan-segan untuk melaporkan ke pihak yang berwajib apabila terdapat penyalahgunaan yang mengatasnamakan website BRI untuk pemasaran KUR,” imbuh Hari Siaga.

Selain terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi nasabahnya, BRI juga melakukan berbagai aktivitas yang bertujuan untuk mengedukasi nasabah agar semakin cermat dalam menyikapi informasi-informasi yang beredar di dunia maya.

Pengumuman bagi masyarakat luas hanya akan dilakukan melalui situs resmi BRI dan juga akun media sosial resmi BRI. Selain melalui website yang telah disebutkan di atas, Bank BRI memiliki beberapa akun media sosial resmi. Akun media sosial resmi BRI adalah sebagai berikut : Twitter di @BANKBRI_ID, @Promo_BRI, @KontakBRI dan @Banggaberina, Instagram di @BANKBRI_ID , youtube di bankbri dan Facebook di BANK BRI.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017