Mukomuko (ANTARA News) - Kebakaran yang diduga berasal dari kebocoran mesin produksi menghanguskan sejumlah mesin pabrik kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, namun tidak ada korban jiwa akibat peristiw tersebut.

Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, AKBP Sigit Ali Ismanto, di Mukomuko, Minggu, mengatakan kebakaran itu terjadi pada hari Sabtu (21/1) sekira pukul 14.45 WIB.

Ia mengatakan, saat terjadi kebakaran di pabrik tersebut, karyawan sedang melakukan aktivitas mengelas mesin nomor tiga untuk produksi minyak mentah kelapa sawit atau CPO yang bocor.

Namun, katanya, tiba-tiba percikan api yang berasal dari mesin las menyambar bahan bakar minyak di mesin nomor tiga sehingga menyebabkan kebakaran.

Ia mengatakan, sejumlah karyawan pabrik ini sudah berusaha memadamkan api menggunakan peralatan seadanya tetapi gagal. Karena api cepat menjalar ke ke mesin produksi CPO nomor satu hingga lima.

"Saat itu api sangat cepat membesar dan menganguskan sebagian besar mesin produksi tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.00 WIB setelah dibantu oleh petugas pemadam kebakaran dari Kecamatan Lubuk Pinang.

Akibat kejadian tersebut, ia memperkirakan, perusahaan mengalami kerugian materi sebesar Rp1 miliar.

Pihaknya melalui Polsek Kecamatan Lubuk Pinang masih menyelidiki penyebab kebakaran itu.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017