Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau dampak kebakaran yang melanda Pasar Senen beberapa waktu lalu dan mengharapkan kawasan tersebut tidak beralih fungsi menjadi mal atau apartemen.

"Pasar Senen adalah lambang ekonomi rakyat jadi harus tetap dipertahankan, tidak boleh berubah jadi mal, apartemen atau bangunan dengan sewa mahal. Harus tetap menjadi pasar rakyat.," katanya di Jakarta, Senin.

Dalam kunjungan itu, Fadli mendengarkan aspirasi pedagang, yang salah satunya ingin direlokasi ke lahan parkir Blok 1 dan 2 agar bisa kembali berjualan.

Salah seorang pedagang, Samsuar, mengatakan, "intinya kami mau ditempatkan di lahan parkir Blok 1 dan 2. Menolak penempatan di Blok 5 karena tidah layak pakai. Dan seluruh pedagang diberikan hak setara." (Baca juga: Pedagang Pasar Senen akan direlokasi di Blok V)

Para pedagang yang sebagian besar berasal dari Sumatera Barat itu juga ingin penyelidikan dari kepolisian cepat dilakukan agar penyebab kebakaran segera terungkap. (Baca juga: Gebu Minang bantu korban kebakaran Pasar Senen)

Fadli pun berjanji akan meneruskan aspirasi para pedagang kepada pihak terkait seperti Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono dan DPRD DKI Jakarta. (Baca juga: DKI akan bangun penampungan sementara untuk pedagang Pasar Senen)

"Dan yang juga sangat penting, bagaimana dikembalikannya atau dibangun kembali pasar senen karena merupakan salah satu simbol ekonomi rakyat," kata Fadli.


ANTARA/Ali Qital

(Baca juga: Kerugian kebakaran pasar senen diperkirakan Rp101,2 miliar)

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017