Jayapura (ANTARA News) - Citilink Indonesia membuka penerbangan Jakarta-Jayapura via Makassar, dan telah melakukan pendaratan perdananya di Bandara Sentani, Jayapura, pada Senin sore.

"Kami berharap dengan pembukaan rute baru ini akan memberikan pilihan serta kemudahan akses transportasi bagi masyarakat yang ingin berpergian dari dan menuju Papua," ujar Direktur Utama Citilink Indonesia Albert Burhan, di Jayapura, Senin.

Ia mengungkapkan selain rute Jakarta-Jayapura, Citilink juga melayani penerbangan Surabaya-Jayapura yang juga melalui Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurutnya pembukaan rute baru ke Jayapura juga merupakan salah satu langkah Citilink Indonesia untuk mendukung program pemerintah di sektor pariwisata dengan membuka layanan penerbangan ke lebih banyak di Indonesia.

"Rute ke Jayapura ini merupakan rute terpanjang yang dimiliki oleh Citilink Indonesia hingga saat ini," kata dia.

Albert mengklaim keberadaan Citilink di Jayapura mendapat respon positif dari masyarakat, hal ini ditunjukan dengan tingginya tingkat keterisian kursi penerbangan perdana.

"Antusias masyarakat atas pembukaan rute Citilink ke Jayapura terlihat dari tingginya tingkat keterisian kursi yang tercatat melebihi 70 persen pada satu minggu sebelum penerbangan perdana menuju bandara tersibuk di Papua," ujarnya lagi.

Penerbangan menuju Jayapura akan dilayani setiap hari dari dua kota, Jakarta dan Surabaya dengan satu kali transit di Makassar menggunakan Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Pada kesempatan tersebut, Citilink juga menyerahkan bantuan dana kepada dua panti asuhan yang ada di Jayapura, yaitu Panti Asuhan Sayap Kasih dan Panti Asuhan Karya Utama.

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017