Jakarta (ANTARA News) - DPR RI mendukung peningkatan hubungan bilateral antara Republik Ceko dan Republik Indonesia termasuk kerja sama antara parlemen kedua negara.

"Indonesia dan Ceko sudah menjalin hubungan kerja sama sejak lama, antara lain, di bidang perdagangan, pertanian, sosial dan budaya," kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan usai menerima kunjungan Duta Besar Ceko Ivan Hotek di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Saat menerima kunjungan Ivan Hotek, Taufik Kurniawan didampingi Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto dan
Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf.

Menurut Taufik Kurniawan, peningkatan hubungan kerja sama yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan potensi perdagangan barang dan jasa.

Selain itu, kata dia, meningkatkan hubungan kerja sama di bidang pertanian dan seni budaya.

"Banyak seniman dari Ceko yang terkenal di dunia, termasuk salah satu pesohor violis dunia kelahiran Praha," katanya.

Menurut Taufik, seniman-seniman dari Ceko dapat menjadi inspirasi bagi seniman dan artis Indonesia untuk memperdalam dunia dan menjadi seniman berskala internasional.

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Republik Ceko menyampaikan pesan agar Republik Indonesia dapat meningkatkan hubungan bilateral dengan Republik Ceko.

Ivan Hotek pada kunjungan tersebut juga mengundang pimpinan DPRRI untuk berkunjung ke negaranya pada Februari mendatang.

Hotek juga menyampaikan, ketua parlemen Republik Ceko beserta rombongan akan berkunjung ke Indonesia terutama ke Parlemen Indonesia pada Juli mendatang.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017