Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan dirinya bersama para Wakil Ketua MPR menyampaikan perkembangan pembentukan haluan negara kepada Presiden Joko Widodo.

"Tadi Pak Presiden mengatakan haluan negara sangat penting, hanya momentumnya perlu kita lihat," kata Zulkifli ditemui di Kantor Presiden, Jakarta usai melakukan rapat konsultasi bersama Presiden Joko Widodo pada Selasa.

Menurut Zulkifli, pihaknya masih membahas konsep dan rumusan haluan negara yang dibutuhkan sesuai situasi Indonesia saat ini dan ke depan.

Bahan rapat gabungan yang membahas haluan negara saat ini masih dibahas oleh sejumlah fraksi.

Bahan mengenai haluan negara itu sudah melalui kajian Badan Pengkajian MPR RI dan akan bersifat filosofis serta ideologis, jelas Zulkifli.

"Sudah sepakat perlunya haluan negara dan sekarang di masing-masing fraksi," kata Zulkifli terkait pembahasan konsepsi haluan negara."

Zulkifli bersama Wakil Ketua MPR RI yaitu Mahyudin, Evert Ernest Mangindaan, Hidayat Nur Wahid serta Oesman Sapta melakukan rapat konsultasi dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Dalam rapat itu juga dibahas mengenai lembaga pemantapan Pancasila untuk menanamkan nilai-nilai keIndonesiaan dalam menjaga perdamaian dan persatuan bangsa.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017