Dari sisi pelabuhan perikanan sudah layak, hanya masih perlu penambahan fasilitas seperti galangan kapal, termasuk pabrik es."
Merauke (ANTARA News) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Merauke, Provinsi Papua segera mengoperasikan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), seiring mulai berlabuhnya kapal nelayan di daerah itu.

Kepala DKP Merauke F. Suhono Suryo, di Merauke, Selasa mengatakan pelabuhan tersebut sudah rampung dibangun sejak 2016 dan siap dimanfaatkan nelayan di daerah itu.

"Kita dorong operasionalnya, karena kapal-kapal tangkap mulai banyak berlabuh di sana," katanya.

Menurut dia sarana prasana pelabuhan memang masih perlu dilengkapi dan secara bertahap akan dipenuhi.

"Dari sisi pelabuhan perikanan sudah layak, hanya masih perlu penambahan fasilitas seperti galangan kapal, termasuk pabrik es," ujarnya.

Pelabuhan tersebut, kata Suhono nantinya dijadikan pusat kegiatan bongkar muat kapal tangkap. Untuk petugas memang masih perlu ditambah.

"Staf kita untuk administrasi kantor perikanan juga baru empat orang. Tetapi tetap kita fungsikan karena sudah lama tidak beroperasi pelabuhan itu," ujarnya.

Pelabuhan dengan panjang 250 meter ini telah rampung dikerjakan bahkan dilengkapi beberapa fasilitas pendukung seperti kantor, instalisi listrik, air dan ruas jalan.

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017