Jakarta (ANTARA News) - Salah satu keunggulan ponsel pintar adalah memungkinkan memiliki berbagai aplikasi, mulai dari penunjang kerja hingga aplikasi untuk mengisi waktu luang.

Masalahnya, bagaimana tingkat keamanan aplikasi yang ditawarkan, mengingat ponsel menyimpan begitu banyak data pribadi.

Donny Koesmandarin, Territory Channel Manajer Kaspersky Lab Indonesia, mengungkapkan umumnya para pengguna hanya mengecek logo aplikasi ketika ingin mengunduh.

Ia menyarankan memperhatikan hal di bawah ini sebelum memasang aplikasi tersebut di ponsel.

1. Cek pembuat aplikasi

Tidak banyak yang memperhatikan kesesuaian antara aplikasi dengan perusahaan yang secara resmi membuatnya.

Saat hendak mengunduh aplikasi melalui App Store atau Play Store misalnya, umumnya orang melihat ulasan apakah perangkat lunak tersebut dapat berjalan dengan baik.

2. Toko aplikasi resmi
Usahakan mengunduh dari toko resmi penyedia aplikasi, misalnya Play Store untuk perangkat Android dan App Store untuk iOS. Tempat seperti itu umumnya menyeleksi aplikasi yang akan masuk ke toko mereka sebelum dapat diunduh oleh para pengguna.

3. Baca ulasan
Sebelum memasang aplikasi tersebut, baca ulasan-ulasan yang diberikan oleh mereka yang pernah menggunakan perangkat lunak tersebut, terutama bila akan memasang aplikasi open source.

"Kalau ada yang komplain, waspada," kata dia. 

4. Cek sumber

Bila sudah mengunduh aplikasi tersebut, ada baiknya mengecek source, atau sumber aplikasi tersebut. Hal ini berlaku juga untuk aplikasi yang berasal dari browser.

Ia menyarankan untuk menggunakan antivirus yang dapat mengecek source aplikasi tersebut untuk mempermudah pekerjaan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017