London (ANTARA News) - Suasana haru berpadu dengan kegembiraan masyarakat Indonesia di Italia bagian Utara saat menggelar acara perpisahan dengan Dubes RI untuk Republik Italia, August Parengkuan yang akan menyelesaikan tugasnya dan kembali ke Jakarta.

KBRI Roma bekerja sama dengan komunitas masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Indonesia-Italia (PII) Milan mengadakan Temu Masyarakat Indonesia dan Warung Konsuler di Milan, demikian Counsellor Pensosbud KBRI Roma, Charles F. Hutapea kepada Antara London, Rabu.

Acara ini sekaligus menjadi kunjungan pamit Dubes Parengkuan kepada komunitas dan pecinta Indonesia di Italia bagian Utara atau kota Milan dan sekitarnya yang dihadiri sekitar 300 orang yang terdiri dari WNI, para sahabat Indonesia dan keluarga, yang memenuhi aula Circolo Sempre Avanti Angelo Airaghi di kota Novate Milanese, Milan.

Acara bertema "Persatuan dalam Keberagaman" atau "Unita Nella Diversita" ini didukung kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan dan komunitas Indonesia lainnya seperti Perhimpuan Pelajar Indonesia (PPI) - Italia, Keluarga Muslim Indonesia Milan (KMIM), Gereja Bethel Indonesia - Mawar Sharon, Kelompok Perkawinan Campur (KPC) Melati, Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI) dan Asosiasi Rela Hati - Parma.

Acara yang diadakan untuk mempererat tali persaudaraan juga dihadiri Walikota (Sindaco) kota Novate Milanese, Lorenzo Guzelloni dan Komandan Carabinieri, Domenico Derrico.

Ketua PII Milano, Ngajari Kaban menyampaikan ucapan terima kasih atas darma bakti Dubes Parengkuan selama ini dalam mengayomi masyarakat dan pecinta Indonesia di Milan dan sekitarnya.

Dubes bersama Ny. Sonya Parengkuan dalam sambutan perpisahannya mengungkapkan rasa terima kasih atas peran serta aktif masyarakat dan pecinta Indonesia di Italia bagian Utara dalam membantu mempromosikan Indonesia, terlebih pada saat World Expo Milano tahun 2015.

Dubes August Parengkuan juga memberikan apresiasi atas kerukunan masyarakat Indonesia setempat, sebagaimana tercermin dari penyelenggaraan acara yang didukung semua komponen masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang.

Sementara itu , Walikota Sindaco, Novate Milano menyampaikan apresiasinya meliat kerukunan masyarakat Indonesia dalam keberagaman. Ia juga berterima kasih atas peran aktif KBRI Roma dalam memberikan pembinaan kepada komunitas Indonesia setempat.

Masyarakat aktif memberikan sumbangan tarian, nyanyian dan larut dalam suasana bergembira. Untaian Lagu Rayuan Pulau Kelapa, medley lagu daerah hingga Goyang Dumang semakin memeriahkan suasana dengan iringan organ tunggal dari Conselor Pensosbud KBRI Roma, Charles Hutapea. Masyarakat juga saling bantu mempersiapkan sajian makan siang.

Banyak WNI yang mendapatkan pelayanan kekonsuleran untuk lapor diri, pembaruan paspor dan dokumen lainnya. Di seluruh Italia, tercatat sejumlah 2.503 WNI termasuk 359 pelajar.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017