Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA News0) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengapresiasi pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dinilainya lebih maju dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Satu hal yang saya akui BPJS Kesehatan ada kemajuan dibanding awal-awal tahun 2014 lalu," kata Puan dalam Rapat Arahan Strategis Nasional BPJS Kesehatan di Palembang, Rabu.

Puan menyebut kemajuan itu terlihat dari penyelesaian masalah yang lebih cepat ketika ada masalah di daerah. Puan angkat topi kepada kecepatan layanan BPJS Kesehatan yang dipangkas dari tujuh menit menjadi tiga menit.

Tetapi Puan menginginkan BPJS Kesehatan terus meningkatkan mutu dan pelayanan. Kami berharap yang dilakukan BPJS Kesehatan ke depannya bersifat promotif dan preventif," kata dia.

Puan mengingingkan BPJS Kesehatan tidak hanya untuk orang sakit, tetapi juga mendidik masyarakat agar lebih penting menjaga kesehatan ketimbang berobat.

Jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat sudah 172.620.269 jiwa sampai 13 Januari 2017.

BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 26.337 fasilitas kesehatan tingkat pertama dan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017