Jakarta (ANTARA News) - Lee Young-ae, bintang dari drama kerajaan “Dae Jang Geum” kembali ke layar kaca lewat drama “Saimdang, Memoir of Colors”.

Ini adalah pertama kalinya aktris 45 tahun itu kembali ke layar kaca dalam 14 tahun terakhir.

Dia akan beradu akting dengan Song Seung-heon dalam drama fantasi time-slip yang mengisahkan Shin Saimdang, seniman dan penulis pada era Joseon yang dikenal orang Korea sebagai model Konfusianisme.

Alih-alih membawakan kesan “ibu dari kebijaksanaan” dalam masyarakat patriarki zaman dulu, Lee akan memperlihatkan sisi yang kerap terlewatkan dari Shin Saimdang (1504-1551) si seniman berbakat.

Lee dipilih untuk menjadi peran ganda sebagai instruktur sejarah masa kini So Ji-yoon yang menemukan buku harian Saimdang dan percaya bahwa dia adalah Saimdang pada zaman dahulu.

Menurut sang aktris, plot dari drama membuat orang penasaran dan terasa menyenangkan.

"Saya kira Saimdang mungkin tidak suka wajahnya terpatri pada uang 50.000 won saat ini," kata Lee seperti dilansir Korea Times. 

"Meniupkan roh baru pada sosok bersejarah dan mengeksplorasi dari perspektif seorang perempuan adalah tantangan seru."

Lee menyadari ia harus melewati standar tinggi yang ditorehkan peran “Dae Jang Geum” belasan tahun lalu. 

"Nuansa karakter Dae Jang Geum dan Saimdang mungkin serupa. Tapi saya kira cara saya membawakan karakter tentu berbeda dulu dan sekarang. Saat ini saya sendiri di kehidupan nyata sudah jadi ibu, penampilan saya akan lebih mendalam dan luas."

Lee mengatakan dia mempelajari lukisan tradisional Korea dan tradisi zaman dulu demi drama terbarunya, sama seperti persiapannya mempelajari makanan kerajaan saat syuting “Dae Jang Geum”.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017