Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia berencana merenovasi fasilitas Pemusatan Latihan Nasional PBSI di Cipayung, Jakarta Timur dalam waktu dekat.

"Fasilitas Pelatnas Cipayung ini dibangun era 90-an dan belum pernah direhabilitasi. Kami punya kewajiban untuk melakukannya," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Wiranto di akhir kunjungannya di Cipayung, Jakarta, Kamis.

Proses renovasi Pelatnas Cipayung akan melingkupi seluruh fasilitas yang ada di dalamnya termasuk asrama atlet, tempat latihan, kantor, dan sebagainya dengan tujuan memulihkan fasilitas ini sebagai tempat persiapan para atlet bulu tangkis Indonesia yang memadai.

"Sehingga pemain kerasan di sini dan bisa berlatih baik untuk hasil yang maksimal," ujar Wiranto.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM tersebut juga mengatakan proses renovasi ini akan dimulai sejak awal bulan Februari mendatang dan federasi saat ini sudah membentuk tim untuk menghitung biaya yang dibutuhkan.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiarto mengatakan proses renovasi akan dimulai untuk pembenahan wisma atlet kemudian sarana pendukung latihan para pebulutangkis itu.

"Rancangannya sudah siap dan pengerjaannya nanti secara bertahap sehingga para atlet tidak akan terganggu terlalu signifikan ketika latihan," ujar dia.

Untuk wisma atlet sendiri, Achmad menyebut akan disesuaikan dengan standar kebutuhan atlet kelas dunia.

Sedangkan untuk sumber pendanaan, PP PBSI akan menggunakan dana dari pihak sponsor yang memiliki kepedulian pada bulu tangkis Indonesia.

"Harapan kami ada dari pemerintah, tapi kita lihat nanti," ucap Achmad menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017