Jakarta (ANTARA News) - Saroo Brierly, sosok dibalik kisah nyata film "Lion" memuji akting Dev Patel yang memerankan dirinya dalam film tersebut.

"Dia (Dev Patel) benar-benar menangkap karakter saya. Dia berkonsentrasi pada aksen Australia dan tubuh saya. Dia aktor yang sangat bertalenta," ujar Saroo, ditemui dalam pembukaan Festival Sinema Australia Indonesia, Kamis malam (26/1).

Bertemu dengan Dev Patel, Saroo mengatakan bahwa Dev mengaku merasa beruntung dapat ambil bagian dalam film ini. "Dan, ini bahkan yang membuat saya lebih baik," kata Saroo.

"Karena dia tidak hanya berperan dalam film ini, dia benar-benar mendalaminya, menuntun kita pada cerita aslinya," sambung dia.

"Lion" merupakan film berdasarkan kisah nyata Saroo Brierly, warga Australia yang diadopsi dari India dan berusaha menemukan ibu kandungnya setelah 25 tahun terpisah.

Saroo menuliskan kisah hidupnya dalam sebuah buku berjudul "A Long Way Home" yang kemudian diadaptasi untuk film yang juga diunggulkan dalam Golden Globes 2017 dan Academy Awards 2017 itu.

Telah mengunjungi sejumlah negara untuk mempromosikan film tersebut. Saroo berharap dengan menuliskan kisah hidupnya yang kemudian diangkat dalam film, dapat mengedukasi masyarakat luas mengenai arti sebuah keluarga.

"Saya berharap orang-orang dapat menangkap film ini dengan baik, sehinga mereka teredukasi karena banyak orang di luar sana yang menghadapi situasi yang sama untuk mencari tahu siapa keluarga mereka, bukan cuma India tapi secara global," ujar Saroo.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017