Magelang (ANTARA News) - Sebuah jembatan di Desa Paripurna, putus dan beberapa titik longsor terjadi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akibat hujan yang terjadi pada Jumat (27/1) siang hingga malam hari.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Magelang, Edy Susanto, di Magelang, Sabtu, mengatakan jembatan penghubung antardusun di Desa Paripurno sepanjang 20 meter, lebar 2,5 meter putus pada Jumat sore mengakibatkan Dusun Sabrang terisolasi.

Hujan yang mengguyur sekitar pukul 13.00 hingga 17.30 itu menyebabkan senderan jembatan tergerus aliran air sungai yang deras dengan ketinggian sekitar 4 meter.

Edy mengatakan ada jalur alternatif yang dapat digunakan penduduk, namun hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Sementara itu, longsor terjadi di beberapa titik di Kalipucung Kulon, Kalirejo, yang menimpa dinding rumah Yuni Fatman dan teras rumah Wakhid.

Edy menuturkan longsor juga terjadi di beberapa titik di Kecamatan Borobudur mengakibatkan kerusakan ringan beberapa rumah.

"Dalam beberapa kejadian yang terjadi Jumat sore hingga malam hari tidak menimbulkan korban jiwa. Setelah kejadian warga bersama relawan dan BPBD berupaya menyingkirkan longsoran yang menimpa dinding rumah," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017