Siapapun yang mengganggu Pancasila harus kita cerahkan mereka."
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan sangat mengandalkan peran organisasi massa (ormas) kepemudaan untuk mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Siapapun yang mengganggu Pancasila harus kita cerahkan mereka. Dan, yang berperan memberi penyadaran adalah ormas kepemudaan, seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini," ujarnya saat menghadiri pelantikan Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Surabaya di Balai Pemuda Surabaya, Minggu.

Ia mengemukakan bahwa ormas kepemudaan berperan memberi pencerahan dan penyadaran terhadap masyarakat tentang pentingnya keutuhan NKRI.

Imam Nahrawi, yang pernah menjabat Ketua Umum PMII Cabang Surabaya periode 1995 - 1996, menuturkan bahwa bangsa Indonesia lahir dari proses panjang yang disertai dengan pengorbanan luar biasa oleh para pejuang.

"Maka, selamanya Indonesia harus tetap berdiri seperti sekarang ini, dengan kebhinekaannya yang harus dipelihara dan dipertahankan," tutur Ketua Umum PMII Koordiantor Cabang Jawa Timur periode 1997 - 1998 itu.

Khusus terhadap ormas kepemudaan ataupun kemahasiswaan yang bernafaskan Islam seperti PMII, ia menekankan, harus eksis terhadap doktrin Ahlussunah wal Jamaah.

"Tidak boleh goyah ke kanan atau ke kiri. Cara berpikirnya harus tawassul, id'tidal, tawassut, dan tasammuh, sebagaimana dalam doktrin Ahlussunnah wal Jamaah," tuturnya.

Selain itu, mantan Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) tersebut menegaskan bahwa yang jauh lebih penting adalah seluruh ormas kepemudaan yang ada di Indonesia harus mengawal NKRI secara baik.

"Teman-teman yang duduk di dalam kepengurusan ormas kepemudaan menunjukkan bahwa mereka sebenarnya telah eksis di tengah-tengah masyarakat. Memimpin organisasi itu adalah cermin ketika kelak kita menjadi pemimpin," ujarnya.

Oleh karena itu, pria kelahiran Bangkalan, Madura, Jawa Timur, itu menambahkan bahwa keberadaan ormas kepemudaan, termasuk PMII, merupakan bagian terpenting dari keinginan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran, dan keadilan di Bumi Pertiwi.

Pewarta: Oleh Slamet Agus Sudarmojo & Hanif Nashrullah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017