Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK) Puan Maharani yakin pembangunan seluruh tempat pertandingan atau venue Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang akan selesai tepat waktu.

Hal ini disampaikan Puan usai mengecek kesiapan pembangunan infrastruktur stadion balap sepeda (velodrome), proyek moda transportasi massal (LRT) dan arena berkuda, yang seluruhnya berada di Jakarta Timur, Rabu.

"Insya Allah semua selesai tepat waktu. Saya juga sudah mengecek di Palembang dan di sana juga siap untuk Asian Games," tutur Puan.

Menurut putri dari Megawati Soekarnoputri itu, yang dibutuhkan sekarang adalah koordinasi yang erat antara pelaksana pembangunan, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat.

Puan tidak mau penyelenggaraan Asian Games 2018 terganggu dengan kendala-kendala yang seharusnya bisa diatasi sejak dini.

"Asian Games harus disukseskan dengan fasilitas memadai. Kalau kita berhasil menyelenggarakan Asian Games, artinya Indonesia siap untuk kehgiatan-kegiatan olahraga multicabang yang lebih besar," kata dia.

Puan mengecek sejumlah venue Asian Games 2018 bersama pelaksana tugas Gubernur DKI Sumarsono. Di velodrome, Puan mendapatkan penjelasan bahwa proses yang sedang berjalan adalah pengembangan "sub-structure" dan sampai Senin (23/1) kemarin, persentase pengerjaan sudah 35 persen. Stadion balap sepeda ini ditargetkan selesai pada April 2018.

Sementara proyek LRT yang didatangi Menko-PMK adalah bagian dari konstruksi jalur LRT jurusan Kelapa Gading-Velodrome. Pengerjaan masih terus dilakukan dan pada akhir 2017 diharapkan pembangunan bisa mencapai 80 persen sebelum akhirnya selesai pada Juli 2018.

Untuk arena cabang olahraga berkuda nomor equestrian, saat ini masih dalam proses lelang kontraktor utama. Pembangunan dijadwalkan pada Maret 2017 dan ditagetkan selesai pada Desember 2017.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017