Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengharapkan penyelenggaraan pilkada serentak di 101 daerah pada 15 Februari mendatang dapat dikelola baik dan tidak ada kecurangan.

"Pilkada akan berjalan baik, lancar, aman, dan demokratis, jika tidak ada kecurangan," kata Fadli Zon di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Fadli Zon, dari informasi yang diterimanya baik dari internal Partai Gerindra, dari Pemerintah maupun dari KPU sebagai penyelenggara pemilu, bahwa penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2017 sudah siap, meskipun masih ada beberapa kekurangan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menyoroti, soal daftar pemilih tetap (DPT), masih ada kelemahan.

Ia mengingatkan , KPU dapat mengakomodasi jika ada penduduk yang seharusnya memiliki hak pilih tapi tidak terdaftar dalam DPT.

Ketika ditanya soal potensi konflik, Fadli mengatakan, pilkada serentak tidak akan terjadi konflik, jika penyelenggaraannya benar-benar sesuai dengan azas pemilu, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil.

"Jujur dan adil ini dari semua pihak, baik dari penyelenggara pemilu maupun dari pasangan calon dan tim kampanyenya," katanya.

Fadli Zon berharap, agar semua oihak dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebaik mungkin, sehingga pelaksaan pilkada serentak tahun 2017 benar-benar berjalan lancar, aman, dan demokratis.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017