Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, memimpin upacara serah terima jabatan panglima Komando Lintas Laut Militer TNI AL dan komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL, di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Surabaya, Jumat.

Keterangan tertulis Dinas Penerangan TNI AL, di Jakarta, Jumat, jabatan panglima Komando Lintas Laut Militer TNI AL diserahkan dari Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahaadi kepala Laksamana Pertama TNI Agung Prasetiawan, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil asisten perencanaan dan anggaran kepala staf TNI AL.

Sedangkan jabatan komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL dari Laksamana Muda TNI Tri Sukarno diserahkan kepada Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahaadi. Sukarno akan menempati jabatan baru sebagai asisten perencanaan dan anggaran kepala staf TNI AL.

Sebagai pembina puncak di jajaran TNI AL, Supandi menyatakan, ke depan tantangan tugas yang dihadapi TNI AL akan semakin kompleks, sehingga menuntut peningkatan kapasitas dan kapabilitas, khususnya pada aspek SDM.

"Oleh karena itu, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL memiliki peran penting terkait pembinaan doktrin dan organisasi, serta pembinaan pendidikan dan latihan," katanya.

Sedangkan Komando Lintas Laut Militer TNI AL selaku komando utama pembinaan dan operasional TNI AL mengemban tugas membina kemampuan sistem angkutan militer termasuk potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara di laut.

"Sehingga, sebagai salah satu komponen Sistem Senjata Armada Terpadu, Komando Lintas Laut Militer TNI AL dituntut mampu melaksanakan tugas-tugas tni al dalam operasi militer perang dan operasi militer selain perang," kata dia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017