Nikosia (ANTARA News) - Sebuah kapal berpenumpang lebih dari 90 imigran yang diyakini dari Suriah, diselamatkan di lepas pantai barat laut Siprus, ungkap otoritas pulau itu, Sabtu (4/2).

Kapal yang membawa 93 orang itu, termasuk 47 anak-anak, terlihat berada delapan mil laut dari pantai semalam, dan dievakuasi ke Kato Pyrgos di wilayah Paphos Siprus.

Mereka akan dibawa ke pusat penerimaan di pinggiran ibu kota Nikosia pada Sabtu setelah menjalani pemeriksaan medis, ungkap pihak berwenang.

Media lokal melaporkan, para imigran mengatakan kepada polisi bahwa mereka melakukan perjalanan dari Turki dan masing-masing orang membayar 2.000 dolar AS untuk mencapai Siprus.

Siprus, yang merupakan anggota Uni Eropa, berada tepat 100 kilometer dari lepas pantai Suriah tetapi sejauh ini menghindari masuknya pengungsi dari konflik di negara itu.

Namun, wilayah Paphos kerap menjadi titik utama bagi para pelaku perdagangan manusia dari Turki. Pada September dan November, 83 dan 128 imigran Suriah masing-masing diselamatkan di sana dengan kronologi kasus yang sama, demikian AFP memberitakan. (kn)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017