Jakarta (ANTARA News) - Seberapa sering Anda berfoto selfie? Pilihan jawabannya bisa saja tidak pernah (mungkin setahun sekali), jarang (mungkin satu atau dua kali sebulan), atau sering (sekali seminggu).

Dan, ketika Anda selfie seberapa menarik dan menyenangkan foto Anda, dari skala 1 (tidak sama sekali) sampai 7 (sangat menarik)?

Jika Anda menjawab "sering", Anda mungkin tidak semenarik atau semenyenangkan seperti yang Anda pikirkan. Jika Anda menjawab "jarang" atau "tidak pernah", penilaian Anda untuk daya tarik Anda mungkin tepat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Toronto membagi 200 siswa dalam grup penyuka selfie dan grup bukan penyuka selfie. Peserta diundang untuk ber-selfie di laboratorium dan menilai seberapa menarik dan menyenangkan mereka dalam foto. Mereka kemudian meminta orang lain untuk menilai foto yang sama.

Rata-rata, orang yang tidak menyukai selfie, menilai diri mereka 0,5 poin lebih menarik dan menyenangkan (dalam skala 7 poin) daripada orang lain yang menilai mereka. Namun, bagi mereka yang menyukai selfie menilai diri mereka 1,5 poin lebih menarik dan menyenangkan dibanding orang lain menilai mereka.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa penggemar selfie melebih-lebihkan daya tarik mereka, tapi hanya dalam foto selfie mereka, demikian The Guardian.

(Baca juga: Tips selfie saat jalan-jalan sendirian)

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017