Jakarta (ANTARA News) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengajak industri otomotif Indonesia membangun dan mengembangkan diri menyongsong masa depan lewat pelaksanaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 yang akan dilangsungkan pada 10-20 Agustus 2017 di ICE BSD City, Tangerang.

Untuk itu, GIIAS 2017 mengusung tema Rise of Future Mobility yang mewakili semangat tersebut.

"Tema kali ini Rise of Future Mobility, kami akan mengajak industri otomotif mengembangkan teknologi mobilitas menyambut masa depan," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di Jakarta, Selasa.

Pasalnya, lanjut Nangoi, industri otomotif global mendapati sentuhan teknologi yang terus berkembang pesat seperti penggunaan tenaga listrik dengan emisi rendah hingga mobil swakemudi yang kian mendekati tahapan produksi massal.

Oleh karena itu, Indonesia yang sudah masuk negara-negara dengan volume industri otomotif di atas satu juta unit harus bersiap menghadapi perkembangan dunia otomotif global tersebut.

"Masih banyak pekerjaan rumah, sehingga Gaikindo dan pemerintah harus terus bahu membahu, sebab tujuan Gaikindo bukan cuma produksi mobil untuk di dalam negeri saja, sebisa mungkin meningkatkan ekspor," kata Yohannes.

Sementara itu, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2017, Rizwan Alamsjah, menegaskan tema tersebut sangat cocok untuk diangkat pada edisi ke-25 pameran tahunan Gaikindo tersebut.

"Selain terus membangun industri otomotif dalam negeri, kita juga harus melihat perkembangan dunia otomotif secara global, yang perkembangan teknologinya sangat cepat," ujarnya.

Sejauh ini, hingga 3 Februari 2017, sebanyak 27 merek dari para agen pemegang merek (APM) dan agen tunggal pemegang merek (ATPM) anggota Gaikindo telah menyatakan kesiapan mereka untuk ambil bagian dalam GIIAS 2017.

Jumlah tersebut terdiri dari 21 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, dan Wuling, serta 6 merek kendaraan niaga yaitu FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Trucks.

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017