Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam pertemuan dengan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, menyampaikan, salah satu prioritas diplomasi ekonomi Indonesia pada 2017 adalah untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

"Afrika merupakan kawasan yang memiliki potensi besar sehingga penting bagi Indonesia untuk terus meningkatkan dan memperluas kerja sama di kawasan ini, khususnya dengan Afrika Selatan," kata Marsudi, dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan dia kepada Zuma dalam pertemuan di kediaman resminya di Cape Town pada Senin malam waktu setempat.

Zuma menyambut baik prioritas pemerintah Indonesia terhadap kawasan Afrika. Dia menekankan lambatnya perekonomian dunia mengharuskan pemerintah Indonesia dan Afrika Selatan untuk mengetahui secara pasti area kerja sama yang dapat dilakukan.

Selain itu, Zuma juga menekankan perlunya Pemerintah kedua negara bekerja lebih keras mendorong para pengusaha untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

Terkait upaya peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara, Zuma senang mendengar menteri luar negeri kedua negara segera menyelesaikan rencana aksi�2017-2021 mengenai area kerja sama ekonomi Indonesia-Afrika Selatan yang akan diintensifkan.

Marsudi juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Zuma sebagai utusan presiden untuk menyampaikan undangan acara Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA).

Nilai perdagangan Indonesia-Afrika Selatan pada periode Januari-Oktober 2016 mencapai 860 juta dolar AS, dengan ekspor utama Indonesia ke Afrika Selatan, antara lain kendaraan bermotor, karet, alas kaki, ban dan kertas.

Pada 2016, nilai investasi Afrika Selatan ke Indonesia sebesar 9.815.000 dolar AS.

Total jumlah investasi Afsel di Indonesia pada periode 2011-2016 mencapai 2,75 juta dolar AS, terutama di sektor pariwisata. Adapun jumlah wisatawan Afrika Selatan yang berkunjung ke Indonesia pada 2015 mencapai 25.048 orang.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017