Jakarta (ANTARA News) - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengklaim Kali Ciliwung tidak lagi meluap karena normalisasi sungai yang dilakukan pemerintah daerah berhasil.

"Kita lihat ya sekarang Kali Ciliwung lancar semuanya di sini, dan sudah tidak lagi melimpah ke sini, sudah jarang sekali," kata Djarot saat meninjau Kali Ciliwung di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu.

Dia mengatakan warga juga dapat berperan dengan tidak membuang sampah di sungai sehingga air Kali Ciliwung tidak meluap dan membanjiri kawasan sekitar.

"Ini sebagai langkah kita menormalisasi sungai di kawasan-kawasan itu," kata Djarot.

Djarot bahkan menyebut Kampung Srengseh bisa menjadi situs ekowisata.

"Marilah warga Jakarta yang tinggal daerah sini itu kembali kepada kehidupan alam, makanya yang dikembangkan di sini adalah ekowisata, wisata berbasis alam," ujar Djarot.

Dia mengatakan Kali Ciliwung dapat dijadikan salah satu ikon wisata jika kawasan ini dibersihkan dan bantaran sungainya diperindah.

"Ada pemancingan, bisa bikin dermaga di sini, bisa wisata kuliner di sini, hal-hal yang kayak begini yang penting," tutup Djarot.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017