Jakarta (ANTARA News) - Avast Software merilis Avast 2017  versi gratis dan berbayar (premium) produk aplikasi keamanan digital.

Siaran pers Avast menyebutkan, mesin keamanan mereka memiliki kelebihan penganalisa canggih berbasis cloud, pendeteksian yang lebih cepat dan lapisan perlindungan tambahan antara pengguna dan penjahat cyber.

Fitur baru maupun yang ditingkatkan di  produk Avast 2017  antara lain mencegah ancaman malware zero-second (malware yang belum pernah dikenali antivirus apa saja), memantau aktifitas memata-matai pada akun pengguna dan data keuangan, memudahkan pengamanan banyak password dan menawarkan inovasi untuk pengalaman gaming tanpa gangguan.

Setiap produk Avast 2017, termasuk lini produk sekuriti yang free dan premium, Avast Free Antivirus, Avast Pro Antivirus, Avast Internet Security dan Avast Premier − semuanya memiliki fitur baru dan peningkatan :

CyberCapture :
Teknologi yang dipatenkan Avast ini merupakan file scanner canggih berbasis cloud dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk mengidentifikasi, mengisolasi dan menentukan file yang tidak diketahui apakah berbahaya atau tidak serta semua hal ini dilakukan secara real-time.

CyberCapture mengisolasi file yang mencurigakan di dalam lingkungan aman berbasis cloud untuk dianalisa lebih lanjut dan secara otomatis terhubung dengan Avast Threat Labs untuk mempercepat proses pendeteksian.
CyberCapture menganalisa sekitar 10.000 file baru di setiap harinya dengan hasil pendeksian untuk lebih dari setengah jumlah file hanya dalam waktu 5 menit atau kurang.

Behavior Shield :
Fitur baru ini akan terus memantau perilaku mencurigakan dari perangkat lunak yang sedang aktif di komputer dan secara otomatis melindungi pengguna terhadap ancaman zero-second, program berbahaya,  dan aktifitas memata-matai pada password serta informasi perbankan. Behavior Shield sangat ampuh untuk melawan ancaman yang muncul dari ransomware.

Fitur Game Mode yang terdapat Avast saat ini secara otomatis mendeksi suatu game yang sedang dimainkan dan memprioritaskannya untuk memastikan tidak muncul suatu gangguan untuk memaksimalkan kecepatan dan performa yang diperlukan oleh game. Uniknya, ketika Avast 2017 beralih ke Game Mode, tidak hanya notifikasi dan proses background dari Avast yang dihentikan, namun juga notifikasi lain dan menghentikan sementara Windows Updates.

Password Management:
Avast Password kini didesain ulang untuk PC dan Mac, membuat password lebih mudah untuk dikelola dan menjaga pengguna agar tetap aman. 

Password pengguna disimpan di dalam satu lokasi yang aman dan dikunci oleh password utama serta apabila dibuka maka Avast Password secara otomatis menyimpan informasi setiap pengguna yang masuk ke akun online mereka.

Terdapat fitur premium yang memungkinkan untuk menotifikasi pengguna setiap kali identitas akun mereka ditemukan bocor di Internet dan memungkinkan pengguna untuk membuka password desktop menggunakan ponsel.

Wi-Fi Inspector:
Avast Wi-Fi Inspector, pertama kali diperkenalkan di tahun 2014 sebagai Avast Home Security Network, kini tingkatkan dan dikemas ulang untuk produk keamanan konsumen Avast 2017.

Wi-Fi Inspector secara otomatis melakukan scan jaringan rumah untuk mengidentifikasi perangkat yang memiliki celah keamanan dan memungkinkan pengguna untuk mengatasi setiap celah keamanan dengan menyediakan langkah-langkah perbaikan.

Passive Mode:
Ini adalah mode baru yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua produk keamanan secara bersamaan dan memilih fitur yang diinginkan sebagai solusi tanpa mengurangi kinerja PC serta tanpa memerlukan proses uninstall atau install ulang. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menjalankan Avast bersama aplikasi antiivirus lain.

Versi terbaru dari Avast 2017 menyusul peluncuran produk keamanan dan tune-up  dari AVG yang diluncurkan pada awal Januari.

Peluncuran versi Avast 2017, termasuk Avast Free Antivirus, Avast Pro Antivirus, Avast Internet Security dan Avast Premier, sudah tersedia bagi semua pengguna Avast dan juga dapat di-download di www.avast.com

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017