Bandung (ANTARA News) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan perusahaan ritel yang menjual perlengkapan rumah tangga asal Swedia, IKEA, dalam waktu dekat akan hadir di Kota Bandung, tepatnya di kawasan Gedebage.

"Kalau berjodoh dalam waktu dekat tak perlu datang ke Tangerang atau Kuala Lumpur, hadir IKEA di Gedebage. Itu perusahaan-perusahaan terbaik di Swedia," kata Ridwan Kamil, usai menerima kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Pemerintah Swedia, di Pendopo Kota Bandung, Jumat.

Dalam pertemuan tersebut, kata Wali Kota yang akrab disapa Kang Emil ini menuturkan Swedia menawarkan berbagai kerjasama di antaranya bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif.

Emil menuturkan, pemerintah Swedia mengundang Pemkot Bandung untuk ikut berpartisipasi dalam pentas budaya yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juli 2017 nanti.

"Saung Udjo diundang ke sana (Swedia)," katanya.

Ia menambahkan, diundangnya Saung Udjo untuk pentas di sana, karena pemerintah Swedia sangat menghargai kebudayaan Indonesia khususnya khas Sunda.

"Sementara konfirmasi baru Saung Udjo, nanti mudah-mudahan pencak silat, kecapi suling, tari-tarian bisa menambahi," kata Emil.

Tak hanya itu, kerjasama pun dilakukan dalam meningkatkan ekonomi kreatif di masing-masing negara, terlebih Swedia terkenal dengan dunia desain, dan Kota Bandung yang terpilih sebagai UNESCO kota desain 2016.

"Kalau nyambung kan bisa ada peningkatan kualitas desain," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017