Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Hidayat, menginginkan rumah sakit di seluruh Jakarta harus memiliki dan memberikan fasilitas bagi para pengguna narkoba untuk bisa direhabilitasi.

"Rumah sakit di seluruh Jakarta harus memiliki fasilitas rehabilitasi narkoba termasuk rumah sakit kecamatan karena kami sudah mendeklarasikan perang terhadap narkoba," kata dia, dalam debat final Pilkada DKI Jakarta 2017, di Gedung Bidakara, Jakarta, Jumat malam.

Dia juga menjelaskan penyebaran narkoba terjadi karena tiga faktor, pertama adalah individu, kedua adalah lingkungan, dan ketiga adalah kemudahan mendapatkan narkoba tersebut.

Oleh karena itu pendekatan terhadap komunitas harus dilakukan untuk bisa saling berinteraksi antara individu dan lingkungan, salah satunya melalui Ruang Publik Terpadu Ramah Anak agar individu sejak kecil dan lingkungan bisa saling terkait untuk mencegah peredaran terhadap narkoba.

Terkait dengan hukuman terhadap pengguna narkoba, Djarot menyerahkan masalah tersebut kepada aparat penegak hukum, sebab hal tersebut sudah menjadi kewajiban aparat dan hukuman terhadap pengguna serta pengedar narkoba untuk konsisten. 

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017