KOMPeK atau Kompetisi Ekonomi telah diadakan untuk ke 19 kalinya. KOMPeK 19 merupakan acara kompetisi dalam bidang ekonomi tingkat nasional yang diselenggarakan untuk siswa-siswi SMA dan sederajat yang diadakan oleh BEM FEB Universitas Indonesia.

Tema KOMPeK 19 tahun ini adalah Optimize : Optimizing The Use of Technology to Enhance Indonesia’s Productivity. KOMPeK menjadi kompetisi ekonomi yang terbesar dan prestisius di antara kompetisi-kompetisi sejenis di Indonesia. KOMPeK juga telah mengundang kurang lebih 600 SMA/MK sederajat dari seluruh sekolah di berbagai daerah di Indonesia.

Kompetisi yang diadakan oleh KOMPeK 19 terdiri dari 4 cabang lomba. Pertama, EQ (Economic Quiz) adalah perlombaan yang mengandalkan kemampuan dan pengetahuan ekonominya melalui cerdas cermat. Kedua, Economic Debate Competition (EDC) yaitu kompetisi debat berbahasa inggris seputar isu perekonomian.

Ketiga, Business Challenge (BC) adalah tim akan mempresentasikan business plan dan menjawab permasalahan pengusaha masa kini. Keempat, Economic Research Paper (ERP) adalah perlombaan penulisan karya tulis tentang penggunaan teknologi dalam meningkatkan produktivitas Indonesia.

Acara KOMPeK 19 telah diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 5 sampai 9 Februari 2017. Rangkaian acara KOMPeK 19 selama 5 hari tersebut adalah KOMPeK Gathering yaitu acara pembuka untuk menyambut kedatangan seluruh peserta kompek yang lolos seleksi regional dari seluruh Indonesia, KOMPeK Talkshow yaitu talkshow untuk menambah pengetahuan seputar ekonomi oleh pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya, Company Visit yaitu peserta akan diajak mengunjungi perusahaan yang terkait dengan tema KOMPeK 19, KOMPeK Social yaitu bertujuan untuk meningkatkan kepedulian peserta terhadap masyarakat sekitar dan Gala Dinner KOMPeK 19.

Opening KOMPeK 19 diadakan pada hari Senin, 6 Februari 2017 di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pembicara utama dalam KOMPeK 19 ini adalah Mari Elka Pangestu, mantan Menteri Pariwasata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu diselenggarakan talkshow dengan pembicara Imansyah (Vice Deputy of Otoritas Jasa Keungan). Ivan Tigana (CMO of qlue.id), Abraham Victor (CEO Taralite.com), Miftachaul Choiri (Deputy of Financial Technology Bank Indonesia), dan Nining Indrayono Soesilo (Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia). Tema talkhow KOMPeK 19 adalah "The Implementation of Technology in Indonesia’s Economy". Setelah KOMPeK Talkshow dilanjutkan dengan Company Visit ke kantor indosat Ooredo.

Kegiatan utama KOMPeK 19 adalah kompetisi ekonomi yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada tanggal 7 sampai 9 Februari 2017. Kompetisi ini diikuti oleh 270 peserta dari berbagai sekolah di berbagai daerah di Indonesia yang telah di seleksi sebelum mengikuti rangkaian utama kompetisi tanggal 7 sampai 9 Februari 2017.

Selama 3 hari dilaksanakan proses penyisihan, sampai akhirnya menuju ke grand final yang dilaksanakan pada acara puncak KOMPek 19. Pemenang kompetisi diumumkan pada saat acara Gala Dinner KOMPeK 19 yang diadakan di Aula Terapung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia 9 Februari 2017 lalu, berikut daftar pemenangnya :

- Economic Quiz (EQ):
Juara 1: SMAN 1 Bogor
Juara 2: SMAN 1 Depok
Juara 3: SMAN 4 Denpasar

- Economic Research Paper (ERP):
Juara 1: MA Mathaliul Anwar
Juara 2: SMAN 3 Jakarta
Juara 3: SMAN 2 Kediri
   
- Best Presentation: MA Mathaliul Anwar

- Most Favorite Paper: SMAN 3 Jakarta

- Business Challenge (BC):
Juara 1: SMAN 1 Bogor
Juara 2: MA Mathaliul Anwar
Juara 3: SMA Taruna Nusantara

- Economic Debate Competition (EDC):
Juara 1: SMA Regina Pacis Bogor
Juara 2: SMAN 1 Sidoarjo
Juara 3: SMAN 4 Denpasar

- Best speaker: I Gede Indrayana Yogaputra

ADVERTORIAL

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2017