Jakarta (ANTARA News) - Pertamax Motorsport sebagai wadah pebalap muda berbakat, kembali menggelar Pertamax Motorsports Championship (PMC) 2017 dengan menggabungkan Kejuaraan Nasional Open Championship X-Treme Offroad Racing (IXOR) dan Pertamax Sprint Rally Championship dalam satu event.

"PMC merupakan salah satu platform terbaru dari Pertamax Motorsport Program (PMP) karena di tahun ini membuat suatu perubahan menggabungkan Kejurnas Indonesia Open Championship X-Treme Offroad Racing (IXOR) dengan Pertamax Sprint Rally Championship dalam satu event," tutur Rifat Sungkar selaku Direktur Pertamax Motorsport di Jakarta, Senin.

Rifat menjelaskan offroad dan sprint rally digabungkan karena sama-sama berlomba di atas lintasan tanah.

"Offroad dan sprint rally sama-sama berlomba di lintasan tanah, dengan track serupa, hanya jenis-jenis mobilnya yang beda," kata Rifat.

Ia melanjutkan, "Tujuan utama yang dibangun Pertamax Motorsport lewat penggabungan event ini adalah untuk saling mempererat hubungan serta mempertajam solidaritas antar dua komunitas tersebut sehingga mampu lebih besar lagi.

Selain menggabungkan offroad dan sprint rally, PMC 2017 akan tetap memperlombakan dua jenis kompetisi dari cabang lain yaitu Pertamax Drift Championship dan Pertamax Drag Bike Championship.

Seperti tahun sebelumnya, Pertamax Motorsport juga akan mengikutserakan tim andalan di bawah nama Pertamax Motorsport Team untuk terjun di semua event yang digelar.

Jika sebelumnya tim itu sudah diperkuat nama beken antara lain Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, Yedidiah Soerjosoemarno, Rio Saputro serta Lucky Reza, pada tahun ini mereka menambah nama-nama baru yaitu Buche Febrico dan Glenn Nirwan.

Buche berhasil keluar sebagai juara pertama IXOR 2016 di grup G2, sementara Glenn runner up Kejurnas Sprint Rally 2016.

Pertamax Motorsport yang digagas PT Pertamina (Persero) setiap tahunnya menjadi wadah riset dan pengembangan produk. Untuk itu, Pertamax Motorsport terbagi dalam beberapa cabang guna merepresentasikan keragaman mesin kendaraan yang ada di Tanah Air.

Pewarta: Alviansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017