Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 15 pemain muda Sulawesi Selatan terjaring dan dinyatakan lolos dalam seleksi timnas U-19 tingkat provinsi yang dilaksanakan di Lapangan Karebosi Makassar, Sulsel, 12-13 Februari 2017.

Tim Seleksi Timnas U-19, Imran Amirullah di Makassar, Senin, menyatakan 15 pemain yang berhak mengikuti seleksi lanjutan itu berasal dari berbagai daerah di Sulsel.

"Pemain itu yakni Kahar, Zulkifli (Kabupaten Bantaeng), Nur hidayat, Aji, Zulfikar, Nursyahbani, Skifo Zidan, Cristian, Calvin dan Aris (Makassar), Arya, Aditya (Parepare), dan Dandi yang berasal dari Palopo," katanya.

Selain Imran Amirullah yang merupakan Asisten Pelatih PSM Makassar, seleksi ini juga diawasi dua sosok yakni Maulid Ibrahim dan Syafril Usman yang merupakan mantan pelatih PSM U-21.

Para pemain tersebut berhasil menyingkirkan puluhan pemain lain yang juga ambil bagian. Ini tentu menjadi peluang bagi para pemain untuk bisa bergabung dan memperkuat timnas U-19 diberbagai kejuaraan internasional.

Seluruh pemain yang lolos pada hari ini, selanjutnya akan kembali bersaing dengan pemain dari rovinsi lain atau zona wilayah yang lain.

Para pemain yang lolos di Makassar juga punya peluang lolos dan masuk tim utama timnas. Intinya fokus dan kerja keras untuk membuktikan memang layak memperkuat timnas U-19 asuhan Indra Sjafri.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Asprov PSSI, Mulyadi, menyatakan jadwal seleksi ini memang sengaja dipercepat dari rencana awal yakni hingga 15 Februari 2017.

"Tapi zona-zona nya dimana saja kami belum tahu. Apalagi PSSI pusat masih sebatas mengirimkan mandat untuk gelar seleksi," jelasnya.

Sementara itu, Sekjen PSSI, Ade Wellington menjelaskan jika seleksi terbuka dan pemantauan kompetisi usia dini akan jadi solusi mencari pemain untuk tim asuhan Indra Sjafri (Timnas U-19) dan Fachri Husaini (Timnas U-16).

Untuk pemantauan pemain Timnas Indonesia U-16 asuhan Fachri Husaini akan lebih terakomodasi. Ade mengungkapkan bahwa pemantauan pemain untuk tim tersebut bisa lebih mudah dilakukan karena cukup banyak turnamen U-15 yang bergulir.

PSSI sudah berkomitmen menghadirkan pemain-pemain terbaik. Idealnya memang pemantauan itu dilakukan melalui kompetisi yang tengah berjalan. Dan mulai saat ini tengah dilakukan untuk bisa menjaring para pemain potensial.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017