... Sri Lanka juga bersama-sama dengan Indonesia melahirkan Gerakan Non-Blok."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyatakan bahwa Indonesia terus melakukan diplomasi kemanusiaan untuk berkontribusi dalam mencapai perdamaian dan peningkatan kesejahteraan.

"Diplomasi kemanusiaan akan terus kita lakukan karena kita memiliki komitmen yang tinggi untuk berkontribusi dalam perdamaian dan kesejahteraan," katanya di Gudang Perum Bulog Divisi Regional Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Kelapa Gading, Selasa.

Retno menyatakan hal itu usai menyaksikan pemberangkatan bantuan kemanusiaan berupa 5.000 metrik ton (MT) beras dari Pemerintah Indonesia untuk Pemerintah Sri Lanka dalam menanggulangi bencana kekeringan yang berkepanjangan.

Ia menegaskan diplomasi kemanusiaan merupakan aksi yang dilakukan Indonesia untuk memberikan kontribusi terhadap perdamaian dan kesejahteraan dunia.

"Sri Lanka adalah negara sahabat Indonesia, keduanya bersama-sama dalam KAA, Sri Lanka juga bersama-sama dengan Indonesia melahirkan Gerakan Non-Blok," kata Retno.

Ia menyebutkan saat terjadi bencana tsunami pada 2004, Indonesia dan Sri Lanka merupakan negara yang terkena dampak besar dari bencana tersebut.

"Oleh karena itu, pada hari ini kita bersama Sri Lanka sebagai sahabat, sebagai negara besar, membantu Sri Lanka dalam menangani masalah bencana kemanusiaan berupa kekeringan yang terjadi di negara itu," demikian Retno Marsudi.

Pewarta: Oleh Agus Salim
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017