...memperluas jangkauan perlindungan asuransi jiwa ke semakin banyak anggota masyarakat, dan terus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap bisnis asuransi dengan mengembangkan tenaga pemasar berlisensi yang handal dan berkualitas..."
Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengklaim tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk asuransi secara perlahan terus meningkat, yang ditunjukkan dengan bertumbuhnya total tertanggung.

Total tertanggung industri asuransi jiwa di akhir 2016, katanya di Jakarta, Kamis, tercatat tumbuh 4,1 persen menjadi 57,23 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya 54,96 juta orang.

Peningkatan tersebut didasari oleh pertumbuhan total tertanggung individu yang meningkat 8,8 persen menjadi 17,69 juta orang dan total tertanggung kumpulan meningkat 2,1 persen atau sebesar 39,53 juta orang.

Berdasarkan catatan selama tiga tahun terakhir (kuartal empat 2014 sampai kuartal empat 2016), jumlah tertanggung mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 3,2 persen.

"Pertumbuhan total tertanggung ini, menandakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk asuransi dan pemahaman pentingnya berasuransi yang perlahan-lahan terus meningkat," kata Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu saat jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Togar, untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan di industri asuransi jiwa, maka tenaga pemasar memainkan peran kunci.

Peningkatan jumlah agen profesional berlisensi, lanjutnya, menjadi salah satu syarat untuk menjangkau masyarakat di seluruh pelosok negeri.

Jumlah tenaga pemasar asuransi jiwa berlisensi tumbuh sebesar 6 persen yaitu menjadi 543.192 orang dibandingkan dengan periode yang sama di 2015 sebesar 512.657 orang. Sebanyak 90,8 persen dari total tenaga pemasar tersebut berasal dari saluran keagenan.

"AAJI dan para anggotanya akan terus berusaha untuk memperluas jangkauan perlindungan asuransi jiwa ke semakin banyak anggota masyarakat, dan terus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap bisnis asuransi dengan mengembangkan tenaga pemasar berlisensi yang handal dan berkualitas dalam memberikan pelayanan prima di jangka panjang," ujar Togar.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017