Saya memberi acungan jempol..."
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Golkar mengapresiasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2017 yang diselenggarakan serentak di 101 daerah karena berjalan aman, lancar, dan damai.

"Saya memberi acungan jempol pada para penyelenggara pemilu tingkat pusat hingga TPS yang telah bekerja keras melaksanakan amanat UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada sehingga Pilkada Serentak di 101 daerah berjalan aman, lancar, damai dan bahkan meriah," kata Hetifah di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan keberhasilan itu dinilainya dari beberapa hal seperti tingginya angka partisipasi pemilih, bahkan di daerah-daerah yang dianggap rawan keamanan seperti di Aceh dan DKI Jakarta.

Menurut dia penyelenggara telah berupaya mengantisipasi dan memberi solusi jangka pendek untuk menjamin hak pilih semua warga bisa digunakan meskipun ada beberapa persoalan.

"Walaupun di berbagai daerah Pilkada diwarnai dengan masalah akurasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta belum diterbitkannya KTP elektronik bagi sebagian warga, juga sulitnya mendistribusi logistik karena faktor cuaca dan geografis, namun penyelenggara berupaya mengantisipasinya," ujarnya.

Dia juga menilai adanya perlakuan khusus bagi para penyandang disabilitas, lansia, mereka yang sakit, dan mereka yang membutuhkan perhatian lebih agar dapat menggunakan hak pilihnya.

"Isu sosial, kesetaraan, dan kemanusiaan pada pilkada kali ini sangat kental terasa," katanya.

Hetifah juga mengapresiasi dibukanya ruang yang luas bagi masyarakat sipil sebagai pemantau independen untuk ikut serta mengawasi jalannya Pilkada sehingga praktik kecurangan dan ketidakjujuran bisa dicegah dan bahkan dikikis.

Dia mengatakan standar proses dan etika pemilihan dijalankan sesuai dengan peraturan perundangan dan banyak perbaikan dibandingkan dengan Pilkada serentak 2015.

"Untuk warga DKI Jakarta, jika akan menjalankan Pilkada Putaran Kedua tanggal 19 April, persiapkan diri untuk kembali ke TPS. Gunakan hak pilih dengan hati, jangan terpengaruh oleh hasutan atau paksaan," ujarnya.

Selain itu Wakil Sekjen Partai Golkar itu juga mengatakan bagi kader partainya yang telah berhasil memenangkan Pilkada di berbagai daerah, dirinya berharap mereka bisa menjalankan tugasnya untuk membangun daerah, menjaga integritas dan mewujudkan janjinya saat kampanye.

Dia menegaskan DPP Golkar akan terus memantau kinerja eksekutif kader Golkar dan memberikan pendampingan dan dukungan apabila diperlukan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017