Aku kangen Eropa!
Petaling Jaya, Malaysia (ANTARA News) - Kim Jong-nam kemungkinan harus mengakhiri hidupnya karena mengungkapkan tempat persembunyiannya lewat posting pada laman Facebook-nya.

"Aktivitas terbuka seperti ini tidak seperti aktivitas yang dilakukan seseorang yang terus-terusan diancam dibunuh. Saya kira mungkin saja Kim ceroboh sehingga mengantarkan kepada kematiannya," kata Cha Du-hyeong, bekas sekretaris intelijen Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak seperti dilaporkan NK News.

NK News yang fokus memberitakan soal Korea Utara, melaporkan bahwa akun FB milik seseorang bernama "Kim Chol" telah memuat foto-foto masa lalu Jong-nam di Macau.

(Kim Chol adalah juga nama yang tertera pada paspor pria Korea Utara yang terbunuh Senin lalu di Bandara Internasional Kuala Lumpur yang kemudian dipastikan sebagai Kim Jong-nam.)

NK News, menguitip sumber anonim yang mengetahui aktivitas online Jong-nam, melaporkan foto pada Facebook itu adalah memang Jong-nam.

Situs berita itu membagikan screenshot laman Facebook Kim yang menunjukkan foto-foto Jong-nam di Macau di mana dia hidup di pengasingan dan diyakini sebagai tempat asal dia sebelum dibunuh.

Situs berita itu melaporkan bahwa aktivitas Jong-nam di laman Facebook-nya menunjukkan bahwa dia tidak berusaha menyembunyikan diri dari pandangan publik dan tidak bisa meninggalkan media sosial sekalipun tengah diincar pembunuh.

Dalam satu foto yang diposting pada Oktober 2008, Jong-nam berdiri di atas sebuah yacht bersama seorang pria bule tak dikenal. Pada 4 Maret 2013, dia mengomentari posting ini dengan kalimat, "Aku kangen Eropa!"

"Tempat yang indah!" kata Jong-nam mengenai sebuah foto yang diunggah pada 2010 di mana dia berdiri di depan hotel bintang lima Wynn Macau.

Foto profil pada akun Kim Chol adalah bukan Jong-nam, melainkan seekor tupai.

Penampakan terakhirnya terjadi pada November 2015 ketika foto profil dia berusaha dia timpa dengan bendera Prancis sebagai solidaritas untuk korban serangan teror di Paris.

Yang ada pada akun FB itu adalah juga latar belakang pendidikannya yang menyebutkan dia pernah sekolah di Sekolah Internasional di Jenewa dan di Lycée Français de Moscou (Alexandre Dumas French School, Moskow).

Jong-nam semasa muda menghabiskan masa sekolahnya di kedua sekolah itu, demikian laman The Star, Malaysia.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017