Semarang (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Argo Muria Tambahan khusus Minggu pada 19 Februari 2017 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan saat weekend.

"Mengingat tingginya permintaan terhadap angkutan KA saat weekend ini, kami operasikan kembali KA Argo Muria Tambahan," kata Deputy Executive Vice Presiden (EVP) PT KAI Daops IV Semarang Tamsil Nurhamedi di Semarang, Jumat.

Ia menyebutkan KA Argo Muria Tambahan membawa tujuh kereta atau gerbong dengan kapasitas sebanyak 350 tempat duduk dengan tarif Rp310 ribu/tempat duduknya, sebagaimana KA Argo Muria Tambahan yang dioperasikan Minggu (12/2) lalu.

Diakuinya, pengoperasian KA Argo Muria Tambahan itu memang belum dijadwalkan setiap minggu, tetapi bisa saja dilakukan jika permintaan masyarakat saat libur akhir pekan ternyata besar, terutama untuk relasi Semarang-Jakarta PP.

Sesuai dengan jadwal, KA tersebut berangkat dari Semarang Tawang pada 19 Februari 2017 pukul 18.55 WIB dan sampai Jakarta pukul 00.50 WIB, dan sebaliknya dari Jakarta, Senin (20/2) pukul 10.25 WIB sampai Semarang pukul 16.27 WIB.

"Kebetulan, ketersediaan kursi di KA Argo Muria reguler yang berangkat dari Stasiun Tawang Semarang pada Minggu (19/2) telah habis terjual sehingga kami jalankan KA Argo Muria Tambahan dengan tarif yang sama, yakni Rp310 ribu/kursi," katanya.

Selain mengoperasikan KA tambahan, Tamsil mengatakan KAI Semarag juga akan memaksimalkan rangkaian pada KA Argo Muria reguler dengan menambah satu gerbong kelas eksekutif dengan kapasitas penumpang yang mencapai 50 tempat duduk.

"Ada pula KA Ciremai Ekspress relasi Semarang-Bandung dengan menambah dua gerbong kelas ekonomi dengan kapasitas 106 penumpang/gerbong khusus keberangkatan 17-19 Februari 2017 sehingga total kapasitasnya menjadi 568 penumpang," katanya.

Mengenai harga tiket KA Ciremai Ekspress, kata dia, berbeda untuk masing-masing kelas, yakni kelas eksekutif sebesar Rp260 ribu/tempat duduk, kelas bisnis sebesar Rp180 ribu/tempat duduk, dan kelas ekonomi Rp120 ribu/tempat duduk.

Sebagaimana diwartakan, KAI Semarang mengoperasikan KA Argo Muria Tambahan khusus Minggu untuk pertama kalinya pada 10 Februari lalu karena tingkat keterisian KA Argo Muria reguler sudah "full" atau penuh sejak Rabu (8/2).

"Melihat tingginya animo masyarakat menggunakan KA saat weekend, khususnya untuk hari Minggu, kami operasikan rangkaian KA Argo Muria tambahan," kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Edy Kuswoyo ketika itu.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017