Nunukan (ANTARA News) - Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Udin Hianggio, menyebutkan pembentukan Kepolisian Daerah sangat mendesak untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Semoga pembentukan Polda Kaltara segera diwujudkan mengingat pertimbangan kondisi kerawanan kamtibmas wilayah," ujar dia melalui keterangan pers Humas Pemprov Kaltara, Jumat.

Provinsi Kaltara yang berada di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi terutama penyelundupan narkoba dan perdagangan manusia ke negeri jiran.

Pada kesempatan itu, Udin Hinaggio menilai, Pemprov Kaltara sudah sangat siap dibentuknya polda di daerahnya dengan menyediakan lahan pembangunan sarana prasarana yang dibutuhkan di kawasan Kota Mandiri Baru (KMB) Kabupaten Bulungan.

Rombongan Mabes Polri yang berkunjung di Kabupaten Bulungan pada Selasa (14/2) dipimpin Kombes Yasdan Rivai menyatakan, kunjungannya berkaitan dengan tinjauan kesiapan Pemprov Kaltara merealisasikan pembentukan polda yang menjadi atensi Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Yasdan Rivai yang juga bertindak selaku Ketua Kelompok Kerja Pembentukan Polda Kaltara menyadari, masyarakat di daerah itu sangat mendambakan secepatnya dibentuk polda.

Namun kata dia, membutuhkan proses yang perlu mendapatkan persetujuan Kementerian PAN dan RB meskipun telah disampaikan kepada Komisi III DPR RI.

Pewarta: M Rusman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017