Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan kepala sekolah penting dalam keberhasilan penguatan pendidikan karakter.

"Kepala sekolah berperan menyusun program kegiatan dalam implementasi PPK dan mendorong guru untuk menjadi inspirator dan pendidik," ujar Mendikbud di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan kepala sekolah harus mendorong agar guru tidak sekedar ceramah di kelas tetapi juga menjadi inspirator dan pendidik.

Mendikbud menjelaskan bahwa program PPK saat ini sedang diuji coba di ratusan sekolah di Indonesia. Muhadjir juga mengajak para kepala sekolah mendukung program ini untuk mempersiapkan generasi penerus yang memiliki karakter baik dan kuat.

Berbagai aktivitas di luar kelas akan membuat pendidikan karakter di sekolah terasa menyenangkan.

"Jadi ini bukan berbasis kelas tetapi berbasis lingkungan. Aktivitas seperti bermain peran, berkolaborasi menyelesaikan suatu proyek dapat dilakukan dan ini menyenangkan," kata dia.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengatakan jika karakter baik tertanam sejak dini di diri anak-anak Indonesia, sampai dewasa karakter ini akan melekat dan menentukan keberhasilan generasi muda di masa depan. "Karakter ini memiliki daya tahan yang tinggi dan akan menentukan keberhasilan mencapai apa yang mereka cita-citakan," kata dia.

Pada 2017, Kemdikbud menargetkan penerapan PPK di sebanyak 9.830 sekolah di 34 provinsi. Jumlah tersebut meningkat dari 2016 yang hanya sebanyak 542 sekolah di 34 provinsi.

Kemdikbud menargetkan pada 2020, seluruh sekolah sudah menerapkan PPK. PPK memiliki lima nilai utama karakter pelajar, yakni, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

Pewarta: Indriani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017