Jakarta (ANTARA News) - Bagi Anda yang gemar memainkan piano digital, Google menyediakan AI Duet yang memungkinkan Anda berduet dengan pianis virtual yang siap merespon tiap nada dan melodi yang dimainkan.

AI Duet merupakan program piano virtual dengan teknologi cerdas (artificial intelligence) dari Creative Lab Google yang mampu meniru perilaku manusia, termasuk saat menciptakan seni musik.

Dilansir dari The Verge, AI Duet pertama kali diperkenalkan pada musim gugur tahun lalu, dan kini sudah bisa digunakan oleh masyarakat secara luas.

Cara kerja program ini adalah dengan mencatat nada yang dimasukkan melalui keyboard komputer kemudian AI Duet meneruskannya berdasarkan hasil analisa komputer.

Analisa komputer yang disebut neutral net kemudian mencari pola melodi dan ritmik lalu menghasilkan barisan melodi yang diharapkan sesuai dengan nada yang dimasukkan sebelumnya.

Cara ini diciptakan oleh musisi dan ilmuwan komputer Yotam Man bekerja sama dengan Creative Lab and Magenta, sebuah proyek musik dan seni dari Google.

Untuk mencoba AI Duet, Anda cukup masuk ke dalam website AI Experiments kemudian setelah munculnya tampilan tuts piano di layar komputer, Anda cukup menekan tuts piano menggunakan mouse atau keyboard.

Setelah itu, AI Duet melanjutkan nada yang Anda masukkan dengan mengeluarkan nada baru.

Jika Anda memainkan lagu yang cukup panjang, maka AI Duet ikut memainkan melodi sehingga seolah-olah Anda sedang berduet dengan pianis virtual. Namun pada praktiknya, AI Duet terkadang memberikan respons suara atau melodi yang terdengar acak.

Selain itu, pengguna juga sulit menebak nada yang dikeluarkan AI Duet sehingga jika Anda memainkan nada yang bersamaan dengan nada yang dikeluarkan komputer secara acak, ada kecenderungan terdengar kurang harmonis.

Kendati demikian, program ini tetap menyenangkan untuk dimainkan terutama saat menunggu nada yang dikeluarkan AI Duet.


Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017