Jakarta (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengklaim berhasil memenangkan 54 persen dari 101 daerah di seluruh Indonesia yang melaksanakan Pilkada 2017.

"Berdasarkan penghitungan cepat menggunakan data C1, pasangan calon yang didukung PKS menang di 52 Pilkada," tutur Sekjen DPP PKS Mustafa Kamal dalam keterangan persnya, Senin.

Mustafa menjelaskan, PKS mengikuti Pilkada di 95 dari total 101 daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kotamadya.

"Dari 95 pasangan calon yang diusung dan didukung PKS, 52 Pilkada berhasil dimenangkan PKS. Jika dipresentasi, sekitar 54,74 persen," kata Mustafa.

Dia mengklaim enam Pilkada dimenangkan kader PKS, antara lain di Aceh Tamiang (Nangroe Aceh Darussalam), Pekanbaru (Riau), Payakumbuh (Sumatera Barat), Salatiga (Jawa Tengah), Takalar (Sulawesi Selatan), dan Kendari (Sulawesi Tenggara).

Dalam Pilkada 15 Februari 2017, kader PKS maju pada 15 Pilkada. "Sementara pasangan calon yang diusung PKS menang di 33 Pilkada, dan yang didukung PKS menang di 13 Pilkada," kata anggota Komisi II DPR RI itu.

Dalam Pilkada serentak tahap pertama 9 Desember 2015, PKS mendukung dan mengusung pasangan calon kepala daerah untuk 173 Pilkada. Dari angka ini, 88 Pilkada atau 50,9 persen dimenangkan PKS.

PKS mengklaim prosentase ini melampaui keberhasilan partai-partai lain yang rata-rata di bawah 50 persen.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017