Jakarta (ANTARA News) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta PT Tiga Serangkai untuk menarik buku Aku Berani Tidur Sendiri karya Fitria Chakrawati karena memuat konten porno dan dapat mendorong perilaku seksual menyimpang pada anak.

"KPAI minta buku itu harus ditarik, penerbit dan penulis harus meminta maaf ke publik dan mengakui kesalahannya. Konten buku itu sangat tidak layak anak, mengajarkan tentang seksualitas yg tidak tepat dan dapat mendorong permisiftas terhadap seks menyimpang," kata Ketua KPAI, Asrorun Niam, melalui siaran pers, di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan kasus buku tidak ramah anak ini sudah berkali-kali terjadi. KPAI sudah memanggil, bahkan memidanakan penulis buku cabul yang didedikasikan untuk anak dan remaja.

KPAI meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil langkah serius untuk mencegah hal serupa terus terjadi.

KPAI meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera melakukan reformasi perbukuan dengan membuat UU Sistem Perbukuan Nasional, yang memastikan buku sebagai media mencerahkan dan mencerdaskan, sarana membangun anak Indonesia yang beradab dan bermartabat, bukan sarana kampanye penyimpangan perilaku dan seksual.

Dia juga mengatakan DPR dan presiden harus percepat pembahasan RUU Sistem Perbukuan yang menjamin ketersediaan buku berkualitas.

Pewarta: Aubrey Fanani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017