Jenewa (ANTARA News) - Komisariat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) mengumumkan pengangkatan penulis ternama Neil Gaiman sebagai Duta Besar Muhibah Global.

Di dalam satu pernyataan yang dikeluarkan pada Senin (20/2), UNHCR menyatakan pengumuman itu dikeluarkan setelah tiga tahun kerja sama erat antara Gaiman dan UNHCR untuk meningkatkan kesadaran mengenai nasib buruk orang-orang yang dipaksa mengungsi dan mengumpulkan dana yang diperlukan.

Menurut UNHCR, Gaiman telah bekerja sama erat dengan badan PBB itu sejak 2013, dan mendukung pekerjaan UNHCR melalui wawancara media dan saluran media sosialnya.

Selain melakukan perjalanan ke Jordania untuk bertemu dengan pengungsi Suriah, ia juga telah mendukung beberapa inisiatif penggalangan dana serta kampanye-kampanye dan acara UNHCR.

"Duta Besar Muhibah memainkan peran penting dalam menciptakan pemahaman masyarakat yang lebih baik serta dukungan bagi pengungsi. Neil Gaiman telah menjadi pendukung kuat UNHCR dan pengungsi selama bertahun-tahun dan saya gembira melihat dia bergabung dengan kami sebagai Duta Besar Muhibah," kata Filippo Grandi, Komisaris Tinggi PBB Urusan Pengungsi, sebagaimana dikutip Xinhua.

Neil Gaiman, yang lahir November 1960, adalah penulis fiksi singkat, novel dan novel grafis, komik, teater audio dan naskah film. Penulis Inggris itu telah meraih sejumlah penghargaan, termasuk medali Newbery dan Carnegie.

Karya penulis yang lahir di Hampshire, Inggris, dan sekarang tinggal di Amerika Serikat itu antara lain seri "The Sandman" serta novel "Stardust", "American Gods", "Coraline", "Neverwhere" dan "The Graveyard Book". (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017