Saya berdoa semoga tanaman buah durian ini bisa tumbuh subur dan hasilnya dapat bermanfaat untuk warga sekitar."
Karanganyar (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden RI Mufidah Jusuf Kalla menanam bibit buah tanaman durian di kawasan sabuk hijau Waduk Gondang, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa.

"Saya berdoa semoga tanaman buah durian ini bisa tumbuh subur dan hasilnya dapat bermanfaat untuk warga sekitar," kata Ibu Iriana di sela-sela kegiatan penamanan pohon.

Ibu Iriana bersama Mufidah Kalla dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), yakni para istri menteri di Kabinet Kerja, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menanam ratusan bibit tanaman buah durian di Desa Gondang, Kecamatan Kerjo Karanganyar.

Para ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Gondang juga secara serentak ikut menanam 250 bibit tanaman durian lokal yang telah disiapkan panitia kegiatan.

Bibit tanaman durian jenis lokal itu, antara lain, jenis bawor, petruk dan montong, yang ditanam di kawasan sabuk hijau Waduk Gondang sebagai daerah resapan air.

Ibu Iriana dalam kegiatan tersebut juga mengajak masyarakat dalam upaya konservasi alam sekaligus pengembangan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar waduk.

Selain itu, menurut dia, pohon durian merupakan salah satu buah unggulan di Kabupaten Karanganyar, yang dapat menyimpan cadangan air dan mengurangi erosi di daerah sabuk hijau waduk.

Setelah penaman pohon durian, Ibu Iriana bersama Ibu Mufidah mengunjungi kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) tes deteksi kankerleher rahim (serviks) secara gartis oleh OASE KK bagi para ibu di Aula Kecamatan Kerjo Karanganyar.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017