Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk Letnan Jenderal Angkatan Darat H.R. McMaster sebagai penasihat keamanan nasionalnya yang baru pada Senin waktu setempat, setelah pilihan pertamanya mengundurkan diri dan pilihan keduanya menolak jabatan penting itu.

Trump mengumumkan penunjukan McMaster sebagai penasihat keamanan nasional di estate Mar-a-Lago miliknya di Florida, mengakhiri pencarian satu pekan untuk pengganti Michael Flynn, yang hanya bertugas selama kurang dari sebulan.

Flynn dipaksa mengundurkan diri pada 13 Februari, setelah melakukan kontak dengan pemerintah Rusia dan pengungkapan bahwa dia berbohong kepada wakil presiden dan FBI mengenai kontak itu.

Trump bergegas mencari pengganti Flynn setelah laksamana madya purnawirawan Robert Harward menolak jabatan tersebut.

Gedung Putih mengatakan bahwa Trump "memberikan kewenangan penuh kepada McMaster untuk mempekerjakan staf yang menurutnya layak."

McMaster (54) dikenal dengan kritiknya terhadap penanganan Perang Vietnam oleh militer Amerika Serikat dan tugasnya sebagai komandan di Irak utara pada 2005.

Trump menyebut McMaster sebagai "pria yang sangat berbakat dan sangat berpengalaman."

"Dia sangat disegani oleh semua orang di militer dan kami sangat terhormat bisa bekerja dengannya," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Trump mengatakan McMaster akan bekerja dalam kolaborasi "sangat, sangat spesial" dengan Keith Kellogg, pensiunan jenderal bintang tiga yang bertindak sebagai pelaksana penasihat keamanan nasional sejak Flynn mundur pekan lalu.

Penasihat keamanan nasional mengurusi ratusan staf, melerai sengketa yang kadang terjadi antar instansi pemerintah, menyeimbangkan kebijakan luar negeri dan militer dan memastikan agenda keamanan nasional presiden berjalan.(mr)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017