Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau penyuluhan kepada para siswa-siswi SMP dan SMA serta masyarakat tentang antinarkoba, antikekerasan, dan antipornografi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, menginformasikan tentang kunjungan kerja Ibu Negara ke Jawa Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, Ibu Negara dan sejumlah istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK berkunjung ke Gedung Wanita, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, sekitar pukul 12.00 WIB.

Kedatangan Ibu Iriana disambut meriah oleh para siswa dengan persembahan lagu Cublak-Cublak Suweng dan Suwe Ora Jamu.

Ibu Negara Iriana pun dengan ramah segera menghampiri para siswa dan undangan yang hadir sambil berjabat tangan.

Setelah itu, Ibu Negara menyapa para siswa sambil mengajak meneriakkan yel antinarkoba.

"Yang semangat! Sekarang yel-yel, ya!" Ajak Ibu Negara Iriana.

Ibu Negara pun membuka sesi kuis dengan meminta sejumlah siswa untuk naik ke atas panggung.

Tiga buah hadiah sepeda telah disiapkan dan akan diberikan kepada siapa saja yang dapat menjawab pertanyaan dari Ibu Negara.

Salah seorang siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari Ibu Negara Iriana berharap agar penyuluhan yang diberikan dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi dirinya dan teman-temannya pada masa mendatang.

"Tadi dampak narkoba dan kekerasan seksual sudah dijelaskan di sini, semoga bermanfaat untuk anak-anak di sini, untuk teman-teman kita di sini," ujarnya.

Kunjungan yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Sampah Nasional tersebut, juga dimanfaatkan Ibu Negara Iriana dan anggota OASE-KK untuk memberikan bantuan berupa tempat sampah bagi beberapa sekolah yang membutuhkan.

Hal ini dilakukan agar para siswa lebih sadar dan peduli dalam menjaga kebersihan sekolah dan lingkungan mereka.

Ibu Negara Iriana beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pendopo Bupati Karanganyar guna melakukan peninjauan pameran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karanganyar.

Turut mendampingi Ibu Iriana Joko Widodo, di antaranya Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan sejumlah istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK.


Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017