Jakarta (ANTARA News) - Dinas Sosial DKI Jakarta mendistribusikan bantuan makanan siap saji untuk para korban banjir di beberapa titik di DKI Jakarta yang mengungsi.

Kepala Perlindungan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Tarmijo Damanik dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, menuturkan bantuan terdistribusikan melalui suku dinas sosial yang ada di wilayah kota.

"Kami sudah memiliki 50 kampung siaga bencana yang siaga di titik rawan banjir. Selain itu, dapur umum sudah memasak makanan siap saji dan mendistribusikannya," kata dia.

Sampai saat ini, tutur dia, dapur umum yang didirikan Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan telah mendistribusikan makanan siap saji di Kelurahan Kuningan Timur sebanyak 200 bungkus, Kalibata 50 bungkus dan Rawajati 250 bungkus.

Ada pun Suku Dinas Sosial Jakarta Barat mendistribusikan makanan siap saji di Kelurahan Kembangan Utara sebanyak 1.350 bungkus, Rawabuaya 600 bungkus dan Kedaung Kali Angke 500 bungkus.

Sedangkan Suku Dinas Sosial Jakarta Utara mendistribusikan makanan siap saji di Kelurahan Kampung Capata 500 bungkus, Sunter Barat 200 bungkus dan Sukapura 100 bungkus.

Suku Dinas Sosial Jakarta Timur mendistribusikan makanan siap saji di  Kelurahan Cipinang melayu 800 bungkus dan Cipinang Muara 350 bungkus.

"Selain bantuan makanan siap saji, di wilayah kota juga kami distribusikan bantuan natura seperti beras, mie instan, kecap, sarden, minyak goreng. Kami juga berikan matras dan terpal," kata Damanik.

Saat ini, ujar dia, Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB) yang terdiri dari pegawai dan Taruna Siaga Bencana sedang melakukan pendampingan terhadap pengungsi.

"Bantuan itu sifatnya masih sementara, kami akan berkoordinasi dengat aparat setempat di samping juga melihat kondisi banjir apabila mulai surut," tutur Damanik.

Pewarta: Dyah DA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017