Ada 180 menit yang sarat kesulitan, karena Porto tampil dengan penuh semangat, terbukti mereka mampu lolos ke babak 16 besar.
Porto (ANTARA News) - Porto mampu mengemas clean sheet dalam tiga laga di ajang Liga Champions, sementara Juventus tidak terkalahkan dalam delapan laga terakhir.

Juventus akan bertandang ke markas Porto, Estádio Do Dragão, dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, yang diadakan pada Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.  

Komentar pelatih:

*Nuno Espírito Santo (Porto):
"Kami siap dan para pemain siap berlaga. Kita akan menyaksikan pertandingan sengit antara dua tim terbaik dari 16 tim di Eropa. Ini Porto yang siap berjuang menghadapi lawan yang fantastis. Ini tantangan yang besar."

"Estadio do Dragao akan dipenuhi dan disesaki dengan fans yang fanatik yang siap mendukung kami. Kami bertekad mengerahkan seluruh energi untuk menunjang penampilan tim. Kami tidak akan menganggap enteng lawan tetapi kami juga seharusnya tidak merasa rendah diri. Kami harus bermain dengan  kekuatan penuh."

* Massimiliano Allegri (Juventus):
"Porto tampil sebagai tim dan langganan perhelatan Liga Champions. Mereka tidak terkalahkan sejak September, hanya kebobolan 14 gol di semua musim. Mereka menundukkan Bayern dan Chelsea di kandang dalam tiga tahun terakhir. Mereka menorehkan rekor gemilang. Kami mengetahui masalah dan kami siap menghadapinya."

"Kami harus fokus kepada banyak hal penting, yakni pertandingan ini. Ada 180 menit yang sarat kesulitan, karena Porto tampil dengan penuh semangat, terbukti mereka mampu lolos ke babak 16 besar. Kami tidak ingin menyalahkan situasi, berkaitan dengan situasi yang menimpa (Bonucci)."

Data dan fakta (Opta Facts):

* Juventus tidak terkalahkan ketika melawan Porto (dua menang, satu imbang).
* Tidak ada tim asal Italia yang menang dari lima laga tandang ke Porto di ajang Liga Champions (empat imbang dengan sekali kalah). Kekalahan terakhir mereka pada Maret 1993 (Porto 0-1 AC Milan).
* Juventus tidak meluncur ke puncak dari babak penyisihan grup Liga Champions sejak 2012/13, sementara Porto mampu mencapai fase knockout Liga Champions untuk kali ketujuh dari 10 keikutsertaan mereka.
* Porto hanya kalah sekali dari 14 pertandingan kandang babak knockout Liga Champions (tujuh menang, 6 imbang), itu terjadi manakala melawan Manchester United pada April 2009. (0-1)  
* Porto hanya sekali gagal mencetak gol dalam 12 laga Liga Champions terakhir dalam laga yang diadakan di Dragao.      
* Porto meraih clean sheet dalam tiga laga terakhir di Liga Champions.

Prakiraan susunan pemain:

* Porto (4-1-3-2):

Casillas (penjaga gawang); Maxi Pereira, Marcano, Felipe, Alex Telles; Danilo, Herrera, Óliver Torres; Brahimi, André Silva, Soares.
Absen jika terima kartu dari wasit: Felipe, André Silva

*Juventus (4-2-3-1)
Buffon (penjaga gawang); Lichtsteiner, Rugani, Chiellini, Alex Sandro; Pjanić, Khedira; Cuadrado, Dybala, Mandžukić; Higuaín.
Absen: Bonucci

* Prediksi Man of the Match:
André Silva (22,22 persen)
Paulo Dybala (22.22 persen)
Yacine Brahimi (14.81 persen)
Gonzalo Higuaín (14,81 persen)
Óliver Torres (7.41 persen)

Lima laga terakhir:
(W;menang; L:kalah; D:imbang)

* Porto: W W W W W


17/ 2/17 Porto 4 - 0 Tondela
11/2/17 Vitória Guimarães 0 - 2 Porto
4/2/17 Porto 2 - 1 Sporting Clube de Portugal
28/1/17 Estoril Praia 1 - 2 Porto
21/1/17 Porto 4 - 2 Rio Ave

* Juventus: W W W W W

17/2/17 Juventus 4 - 1 Città di Palermo
12/2/17 Cagliari Calcio 0 - 2 Juventus
8/2/17 Crotone 0 - 2 Juventus
5/2/17 Juventus 1 - 0 Internazionale Milano
29/1/17 Sassuolo Calcio 0 - 2 Juventus

Head To Head:
 
23/10/01 Juventus 3 - 1 Porto
10/10/01 Porto 0 - 0 Juventus

Tiga prediksi laga (Goal.com):

Porto 0 - 2 Juventus (21 persen)
Porto 1 - 2 Juventus (10 persen)
Porto 0 - 3 Juventus (9 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Porto tidak pernah dikalahkan Juventus dalam tiga pertemuan terakhir mereka. Porto bahkan tidak terkalahkan dalam tujuh pertemuan kandang melawan tim-tim asal Italia.
* Juventus hanya menderita empat kekalahan dari 11 pertemuan melawan tim-tim asalh Portugal, seluruhnya melawan Benfica. Tim asuhan Max Allegri meraih tujuh kemenangan dari mampu melaju ke babak selanjutnya di kompetisi.

Prediksi laga:

* Porto: 1
* Juventus: 2

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017