Surabaya (ANTARA News) - Para ahli teknologi digital dan pebisnis pemula (start up) terkemuka di dunia akan berkumpul pada Konferensi Startup Digital, Surabaya, Agustus 2017.

"Ada beberapa CEO, di antaranya dari Google, Intel, Facebook dan Instagram yang akan datang ke Surabaya," kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, saat ditemui di Balai Kota Surabaya, Rabu.

Semua itu, kata dia, akan menggelar konferensi dan pelatihan di Kota Pahlawan. Ini tindak lanjut dari kunjungan ke Amerika Serikat pada pertengahan Februari lalu.

Sebelumnya, pada 11-17 Februari 2017, dia bersama akademisi di antaranya Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mengunjungi beberapa kampus dan perusahaan terkemuka.

Selain itu juga berkunjung ke Silicon Valley, yang merupakan pusat bisnis dan teknologi digital yang berada di San Francisco, Amerika Serikat.

Konferensi dan pelatihan ini juga momentum awal bagi pemerintah Kota Surabaya menjadi pusat pebisnis pemula digital dunia, layaknya Silicon Valley di Amerika Serikat, itu.

Semula konferensi itu menekankan pada aspek ekonomi namun akhirnya diperluas karena dia ada lebih banyak warganya yang bisa mendapat manfaat.

Dia ingin memberdayakan anak-anak muda menjadi pebisnis pemula digital yang ditunjang oleh sistem teknologi informasi berbasis internet.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017